Fenomena Unik di Tengah Corona, Banyak Pemotor Gunakan Masker tapi Tak Pakai Helm

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 05 Mei 2020 - 18:19 WIB
Fenomena Unik di Tengah Corona, Banyak Pemotor Gunakan Masker tapi Tak Pakai Helm

Dalam memutus rantai penyebaran virus corona, banyak pengendara motor menggunakan masker tapi tidak pakai helm. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai wabah virus corona (Covid-19) salah satunya memakai masker saat berkendara. Uniknya, banyak pengendara motor lmenggunakan masker, tapi tidak pakai helm.

Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan, peraturan lalu lintas sudah sangat jelas, semua pengendara motor wajib menggunakan helm SNI selama berkendara.

"Lucu juga kalau saat ini pengendara pakai masker tapi tak pakai helm. Helm tak kalah pentingnya dengan masker karena berfungsi untuk mencegah cedera fatal pada kepala," ujarnya, saat dihubungi iNews.id, Selasa (5/5/2020).

Sony pun heran dengan tingkah pengendara motor seperti itu. "Pengendara di Indonesia ini unik-unik. Momennya corona, yang dipakai masker, helm malah tidak dipakai," katanya.

Saat berkendara, lanjut dia, safety gear sangat penting seperti helm, sarung tangan, jaket, celana panjang, goggles (kacamata helm), sepatu dan karena pandemi Covid-19, wajib ditambah masker.

"Angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas di dunia cukup tinggi. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat setiap tahun sekitar 1,35 juta orang tewas karena kecelakaan lalu lintas. Angka itu lebih tinggi dari angka kematian akibat virus corona yang mencapai 200 ribuan nyawa," kata Sony.

"Artinya, memakai helm saat berkendara juga tak kalah penting. Jadi, sebaiknya pemotor tak hanya mementingkan pakai masker, tapi juga harus pakai helm," katanya. 

Editor : Dani Dahwilani