Benamkan Mesin Euro 5, Ini Alasan UD Trucks Gunakan Teknologi SCR

Dani M Dahwilani · Jumat, 19 Agustus 2022 - 05:23:00 WIB
Benamkan Mesin Euro 5, Ini Alasan UD Trucks Gunakan Teknologi SCR
UD Trucks menghadirkan model Quester baru berstandar Euro 5 di GIIAS 2022. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Dalam pameran GIIAS 2022, UD Trucks memperkenalkan empat model Quester baru berstandar Euro 5. Keempat kendaraan tersebut adalah Quester Euro 5 GKE 280, Quester Euro 5 CDE 250, Quester Euro 5 GWE 410, dan Quester Euro 5 GWE 350. 

Head of Competence Development dari PT UD Astra Motor Indonesia, Ali Rachman menjelaskan, standar Euro 5 dengan sistem Selected Catalytic Reduction (SCR) yang dihadirkan pada unit Quester Euro 5 merupakan bagian dari usaha UD Trucks memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah terkait emisi gas buang Euro 4 dalam melindungi bumi dan menuju kehidupan yang lebih baik terutama pada sektor transportasi dan logistik. Ini tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, Kategori N.

Ali menyebutkan, saat ini produsen kendaraan bermotor berupaya mengurangi kadar NOx sesuai peraturan pemerintah dengan beberapa cara. Selain kendaraan bertenaga listrik, ada dua cara lain yang digunakan untuk menurunkan NOx. 

Cara pertama menurunkan NOx gas buang yang keluar dari mesin dengan menyemprotkan cairan urea (AdBlue) ke gas buang dengan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR). 

Cara kedua dengan memasukkan kembali gas buang ke dalam mesin agar temperatur ruang bakar menurun yang selanjutnya akan menurunkan kadar NOx yang dikenal dengan istilah Exhaust Gas Recirculation (EGR). 

"Melihat berbagai manfaat dan keunggulan yang telah dipertimbangkan, UD Trucks memilih solusi menggunakan sistem SCR. Diketahui, sistem ini melakukan pembakaran mesin lebih sempurna, sehingga mesin tetap bersih dan awet, konsumsi bahan bakar efisien, serta tidak sensitif terhadap kualitas bahan bakar solar yang kurang baik seperti solar B30 yang bersulfur tinggi,” ujarnya di GIIAS 2022, ICE BSD City, Tangerang, Kamis (19/8/2022).

Ali menuturkan UD Trucks yang sebelumnya dikenal dengan merek Nissan Diesel adalah produsen truk pertama di dunia yang memperkenalkan system SCR dan AdBlue secara komersial pada truk untuk mereduksi emisi gas buang pada 2004. Teknologi ini mampu mereduksi emisi gas buang tanpa mengganggu mesin utama. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda