Benamkan Mesin Euro 5, Ini Alasan UD Trucks Gunakan Teknologi SCR
"SCR adalah sebuah proses pengendalian emisi gas buang yang dilakukan setelah pembakaran dari mesin dan beroperasi pada suhu pembakaran mesin optimal. Suhu pembakaran mesin yang optimal menghasilkan efisiensi bahan bakar tinggi atau lebih hemat dan menghasilkan lebih banyak NOx dan sedikit PM (Particulate Matter) yang mana kelebihan NOx ini akan dikurangi peran cairan AdBlue ke gas buang," katanya.
Ali menerangkan, AdBlue merupakan cairan yang digunakan untuk mengurangi NOx dihasilkan mesin diesel. Konsumsi AdBlue adalah 3-5 persen dari pemakaian solar, yang mana sekali pengisian AdBlue setara dengan 4 kali pengisian solar penuh.
Perhitungan kapasitas tangki bahan bakar Quester adalah 315 liter, sementara tangki AdBlue berisi 50 liter. Jika asumsi 1 liter solar untuk 3 km, maka 1 liter AdBlue bisa untuk menempuh 75 km. Selain itu, Quester Euro 5 juga dilengkapi dengan fasilitas jerigen cadangan AdBlue berisi 10 liter atau cukup untuk 750 km sehingga tidak merepotkan pengemudi, aman, dan lebih efisien.
Wakil Ketua Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI) Paulus Tjakrawan mengatakan, untuk mendukung agenda hijau pemerintah, usaha pengurangan emisi gas buang berkaitan dengan kebutuhan bahan bakar ramah lingkungan bagi kendaraan komersial.
"Sebab itu, kami mendukung dan aktif melakukan sosialisasi akan penggunaan biodiesel sebagai bagian dari energi baru. Selain itu adanya teknologi-teknologi yang dihadirkan ATPM layaknya yang telah diimplementasikan UD Trucks melalui unit Quester Euro 5 berkontribusi besar pada proses pemeliharaan dan perbaikan lingkungan kita," ujarnya.
Editor: Dani M Dahwilani