Puegeot Group Bukukan Penjualan 1 Juta Unit di Tengah Pandemi Covid-19

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 18:30 WIB
Puegeot Group Bukukan Penjualan 1 Juta Unit di Tengah Pandemi Covid-19

PSA Group yang menaungi merek Peugeot, Citroen, DS dan Opel Vauxhall membukukan penjualan 1 juta unit di seluruh dunia pada semester pertama 2020. (Foto: Peugeot)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 telah menghantam penjualan mobil di dunia, termasuk PSA Group. Kelompok otomotif asal Prancis yang menaungi merek Peugeot, Citroen, DS, dan Opel Vauxhall ini mencatatkan penjualan sebanyak 1 juta unit di seluruh dunia pada semester pertama 2020.

Raihan tersebut dicapai setelah penjualan pada Juni 2020 naik hampir dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Masa pandemi Covid 19 masih tetap membayangi perkembangan dunia di industri otomotif dunia.

“Tim kami sedang dalam tahap pemulihan dalam kondisi krisis ini dengan komitmen menghasilkan penjualan yang menguntungkan dari produk berkualitas dan juga kompetitif," ujar Groupe PSA Managing Board Chairman, Carlos Tavares, dalam keterangan persnya, Minggu (2/8/2020)

PSA Group saat ini fokus dalam mengembangkan jajaran produk full elektrik. Seluruh model line up terbaru menawarkan pilihan full elektrik maupun hybrid. Ini untuk mendukung brand-brand berada di bawah PSA yang notabene memiliki karakter kuat bagi para customer-nya baik B2C (Business to Consumer) maupun B2B (Business to Business).

Eropa

Penjualani brand-brand PSA di Eropa pulih secara kuat pada Juni 2020 (kenaikan penjualan dan delivery mencapai hingga 71 persen dibandingkan pada bulan Mei 2020).

Timur Tengah dan Afrika

Meskipun terjadi pandemi global dan pasar regional Timur Tengah-Afrika yang menurun hingga 26,4 persen, penjualan yang dicapai Grup PSA lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Market share tumbuh sebesar 46 persen.

China

Seluruh bisnis di China sangat terdampak pandemi Covid 19. Namun Grup PSA optimistis dapat mengembangkan pasar sesuai dengan rencana. Peugeot e2008 diperkenalkan pada 20 Mei 2020 dan akan dilanjutkan Peugeot 4008 PHEV, 508L PHEV, dan Citroen C5 Aircross Hybrid pada semester kedua 2020. Ini menegaskan optimisme PSA Grup di kawasan tersebut

Amerika Latin

Grup PSA mulai mendapatkan tempat di Amerika Latin dengan kenaikan market share di Chili, Meksiko, Kolombia, Ekuador, dan Peru. Di Argentina, PSA mempertahankan market share dua digit (10 persen).

India-Asia Pasifik

Pada region ini, tren pasar menurun hingga 27 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (2019). Namun penurunan delivery kendaraan ha sebesar 14 persen yang menghasilkan Grup PSA mendapatkan kenaikan Market Share sebesar 14 persen.

Eurusia

Di wilayah Eurasia juga terjadi kenaikan market share bagi merek-merek di bawah grup PSA. Kenaikan market share sebesar 8,9 persen terjadi di Ukraina dan kenaikan 0,4 persen untuk wilayah Rusia.

Editor : Dani Dahwilani