Rolls-Royce Buat Replika Cullinan Skala 1:8 Sangat Detail Percis Mobil Aslinya

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 18:45 WIB
Rolls-Royce Buat Replika Cullinan Skala 1:8 Sangat Detail Percis Mobil Aslinya

Rolls-Royce membuat replika mobil SUV andalannya Cullinan khusus bagi pelanggan setia yang rindu berkendara di tengah Covid-19. (Foto: Rolls-Royce)

JAKARTA, iNews.id - Membeli mobil super mewah menjadi impian banyak orang. Salah satu yang diimpikan adalah mobil premium asal Inggris, Rolls-Royce.

Terbaru mereka membuat replika mobil SUV andalannya Cullinan khusus bagi pelanggan setia. Sang pendiri Sir Henry Royce pernah berkata, "Hal-hal kecil membuat kesempurnaan, tetapi kesempurnaan bukanlah hal kecil." Dalam nada inilah Rolls-Royce Motor Cars mempersembahkan kepada kliennya, model skala sempurna Cullinan.

Karena kesenangan mengemudikan mobil terbatas akibat pandemi Covid-19, beberapa kemewahan kecil pada kehidupan lainnya telah muncul. "Replika skala 1:8 otentik dari Cullinan full-size, di mana setiap detail direproduksi dengan kesempurnaan mutlak, sekarang dapat dinikmati oleh klien di seluruh dunia, dalam kenyamanan rumah mereka sendiri," ujar Rolls-Royce dalam keterangan resminya kepada iNews.id, Jumat (22/5/2020).

Jauh lebih dari sekadar model, masing-masing miniatur Cullinan dibuat secara individual dan teliti, sesuai spesifikasi klien, dari lebih dari 1.000 komponen individu. Proses ini dapat memakan waktu hingga 450 jam - lebih dari setengah waktu yang dibutuhkan untuk membangun Cullinan berukuran penuh di Home of Rolls-Royce di Goodwood, Sussex Barat.

Replika tersebut dilukis dengan tangan menggunakan cat yang serasi dengan Rolls-Royce, kemudian dipoles dengan tangan sesuai dengan spesifikasi marque; Coachline bahkan diterapkan menggunakan sikat halus, sama seperti pada aslinya. Klien dapat memilih dari palet sekitar 40.000 warna 'standar', atau meniru buatan Bespoke mereka sendiri.

Lampu eksterior yang berfungsi penuh dioperasikan oleh remote control bermerek Cullinan; di bawah kap adalah kemiripan sempurna dari mesin V12 6.75 liter twin-turbocharged yang ikonik.

Saat membuka pintu coach, treadplate menyala, mengarah ke interior yang dirancang dan dieksekusi dengan bahan, keterampilan, dan perhatian detail yang dirancang pada Cullinan sendiri. Dari sulaman sandaran kepala dan pelapis kayu hingga perpipaan dan penjahitan kursi, kreasi Bespoke ini memungkinkan klien membuat ulang kendaraan full-size mereka dengan akurasi yang mencengangkan, atau bahkan membayangkan Cullinan masa depan untuk menambah koleksi mereka.

Disajikan dalam etalase dengan panjang hampir satu meter, replika tersebut dipasang di atas dasar hitam pekat yang memungkinkannya dihargai dari semua sudut. Jendela Perspex dapat dilepas yang memungkinkan detail pintu, ruang bagasi, dan ruang engine dapat dilihat secara detail.

Kepala Eksekutif Rolls-Royce Motor Cars Torsten Müller-Ötvös, berkomentar, “Replika skala ini membawa dimensi baru pada filosofi Cullinan yang Effortless, Everywhere. SUV super mewah kami sekarang sama nyamannya di lingkungan hunian pemiliknya yang tenang, seperti halnya di medan yang paling menantang dan kejadian tidak terduga di Bumi."

Dia melanjutkan, “Itu menunjukkan, dan mengingatkan kita sebagai sebuah perusahaan, bahwa Inspiring Greatness berlaku di setiap skala. Ini bukan hanya tentang hal-hal besar, kita mencari dan mencapai kebesaran dalam segala hal yang kita lakukan, hingga ke hal terkecil dan detail terkecil.”

Diketahui, Rolls-Royce Motor Cars adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki BMW Group. Perusahaan ini sepenuhnya terpisah dari Rolls-Royce plc, produsen mesin pesawat terbang dan sistem propulsi. Lebih dari 2.000 karyawan terampil dipekerjakan di kantor pusat dan pabrik manufaktur Home of Rolls-Royce Motor Cars, Goodwood, Sussex Barat, satu-satunya tempat mobil dan motor super mewah dibuat dengan tangan.

Editor : Dani Dahwilani