5 Latihan untuk Meningkatkan Fungsi Pernapasan, Semuanya Bisa Dilakukan di Rumah

Tino Satrio ยท Rabu, 13 Oktober 2021 - 21:36:00 WIB
5 Latihan untuk Meningkatkan Fungsi Pernapasan, Semuanya Bisa Dilakukan di Rumah
Latihan untuk meningkatkan fungsi pernapasan ini bisa di coba di rumah. Latihan ini bisa membuat kerja paru-paru bisa maksimal. (foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id- Latihan untuk meningkatkan fungsi pernapasan ini bisa di coba di rumah. Latihan ini bisa membuat kerja paru-paru bisa maksimal.

Sebab, pernapasan bisa membuat tubuh sehat lantaran paru-paru memiliki kapasitas penyimpanan jumlah udara yang besar. Dengan begitu, tubuh menjadi tak mudah lelah untuk dipakai aktifitas tertentu.

Namun perlu diingat, kapasitas atau fungsi paru-paru akan menurun seiring bertambahnya usia. Untuk itu, tubuh perlu mendapatkan latihan untuk meningkatkan fungsi pernapasan agar selalu sehat meski bertambah usia.

Berikut 5 latihan untuk meningkatkan fungsi pernapasan yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Latihan Pernapasan Diafragma

Latihan untuk meningkatkan fungsi pernapasan ini menggunakan diafragma dan bagian perut. Dengan melakukan latihan ini, udara akan masuk dan mengisi bagian perut hingga penuh, dan mengembang. 

Latihan ini cukup mudah, dengan duduk santai sambil bersandar dengan meletakan satu tangan di perut dan di dada, tarik napas melalui hidung dan rasakan udara mengisi perut. Kemudian, hembuskan napas selama dua detik melalui bibir yang terbuka kecil.

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: