Presiden FIFA Usulkan Israel dan Palestina Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Dimas Wahyu Indrajaya ยท Kamis, 14 Oktober 2021 - 18:04:00 WIB
Presiden FIFA Usulkan Israel dan Palestina Jadi Tuan Rumah Piala Dunia
Gianni Infantino

"Menggunakan Kesepakatan Abraham, mengapa kita tak gelar saja di Israel dan tetangganya di Timur Tengah, termasuk Palestina?" jelasnya.

Namun, FIFA menegaskan akan mengutamakan Uni Emirat Arab sebagai penyelenggara Piala Dunia di kawasan timur tengah. Rencana melibatkan Israel dan Palestina memang tak bisa dilakukan dalam waktu dekat, tapi diharapkan keduanya bisa saling bergandengan demi sepak bola.

Piala Dunia (Foto: Sky Sports)
Piala Dunia (Foto: Sky Sports)

"Selama pertemuan mereka, presiden FIFA mengemukakan gagasan bahwa Israel, selain negara-negara di kawasan itu, yang dipimpin oleh Uni Emirat Arab, berpartisipasi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030," kata Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett dilansir dari Memo Middle East Monitor.

Adapun Israel dan Palestina masih dirudung konflik politik. Israel melakukan pencaplokan wilayah lewat jalur militer yang menciptakan korban jiwa di pihak Palestina.

Konflik panas ini pun sering menjadi sorotan pesepak bola dunia. Beberapa di antaranya mendukung kemerdekaan Palestina, sebut saja Achraf Hakimi dan Mesut Ozil.

Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

Bagikan Artikel: