Tips Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Tempat Penginapan

Dini Listiyani ยท Selasa, 28 Mei 2019 - 07:01 WIB
Tips Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Tempat Penginapan

Tips mendeteksi kamera tersembunyi di tempat penginapan (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Pemasangan kamera tersembunyi untuk memata-matai tamu di sebuah penginapan sempat menjadi pemberitaan. Padahal, bagi industri keamanan taktik semacam itu bukanlah sesuatu yang baru.

Perangkat pengintai bisa digunakan untuk menargetkan pebisnis yang bepergian, politisi, aktivis, dan jurnalis. Untuk membantu para pelancong, peneliti keamanan Kaspersky Lab membuat beberapa daftar security hack terbaik untuk perangkat.

Peneliti keamanan Kaspersky Lab menggunakan pengalaman mereka sendiri untuk berbagi apa saja risiko keamanan dalam perjalanan. Jadi cara yang diberikan mereka untuk mengatasi masalah lebih mudah.

Sebagai contoh, untuk memastikan tidak ada kamera atau mikrofon tersembunyi menguping di kamar hotel atau apartemen, para peneliti menyarankan agar Anda bepergian dengan alat kecil yang juga dilengkapi pemindai frekuensi radio sebagai dioda pemancar cahaya dan red glass.

Alat kecil dengan pemindai frekuensi radio memungkinkan Anda untuk menemukan sumber apa saja yang memancarkan gelombang elektromagnetik dan mencari kamera tersembunyi. Lensa kamera memantulkan cahaya secara signifikan lebih baik dibanding permukaan lainnya.

Jadi, jika Anda mengarahkan cahaya dari dioda pada objek yang tampak seperti kamera, dan melihat ke arah tersebut melalui red glass, maka Anda akan melihat sebuah titik merah yang terang.

Selai itu, Anda juga bisa menggunakan ponsel untuk melihat kamera yang menggunakan penerangan infrared. Sebab, kamera di ponsel bisa mendeteksi emisi infrared.

Sementara itu, untuk menghindari tertangkap mikrofon kabel yang tersembunyi, Anda hanya perlu membuat beberapa kebisingan suara yuang mengganggu. Air mengalir dari keran atau suara lain yang bisa dengan mudah dihasilkan lewat layanan seperti Noisli.

"Sebagai peneliti keamanan, kami melakukan perjalanan tanpa henti dan selalu menyadari akan potensi ancaman keamanan. Berita terkini mengenai pengintaian diam-diam di akomodasi penginapan membuktikan pengawasan rahasia bukan hanya sesuatu yang Anda lihat di film, tapi juga terjadi di kehidupan nyata. Agar tetap aman tidak harus membutuhkan penanggulangan berteknologi canggih dan maha, hanya dengan peralatan dasar dan logika berpikir yang baik sangat membantu dalam menjaga keamanan peralatan dan informasi digital Anda," kata Peneliti keamanan Kaspersky Lab Marco Preuss dalam keterangannya kepada iNews.id, Selasa (28/5/2019).

Selain yang telah disebutkan di atas, peneliti Kaspersky Lab juga menyarankan agar peralatan pengguna selalu dilindungi kata sandi, dan informasi yang tersimpan di dalamnya dienkripsi. Perangkat dengan versi Android dan iOS terbaru memiliki sistem keamanan dengan kode sandi, dan telah dienkripsi secara default.

Pengguna juga disaranakn untuk menghindari risiko Wifi yang tidak aman dengan menggunakan mouse berkabel dan keyboard terintegrasi pada laptop Anda.

Editor : Dini Listiyani