4 Pentingnya Garansi Saat Membeli Gadget
2. Membuktikan Perusahaan Retail Terpercaya
Pemberian garansi secara tidak langsung juga berpengaruh ke kepercayaan store baik online maupun offline. Misalnya Urban Republic (anak perusahaan Erajaya Group) yang ada sejak 1996 di Indonesia dan sudah dilindungi badan hukum.
3. Jangan Bongkar Sendiri
Selama masa garansi apabila terjadi kerusakan pada barang elektronik, jangan pernah untuk membongkan sendiri atau dibongkar oleh teknisi tidak resmi. Sebab beberapa produsen melarang hal tersebut dan bisa saja malah membuat barang semakin rusak.
4. Adanya After Sales Service
Garansi juga memberikan ke konsumen soal after sales service. Jadi, setelah membeli, penjual tidak akan lepas tangan. Biasanya, perusahaan yang sudah berbadan hukum jelas, akan terus memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi konsumen, apalagi di masa pandemi Covid-19 yang belum usai.
Biasanya, konsumen akan mendapat layanan perbaikan device yang bermasalah tanpa beranjak dari rumah. Sebagai Service Center resmi, semua sparepart yang digunakan dipastikan merupakan sparepart original.
Enaknya belanja di toko resmi konsumen tidak sekadar membeli produk. Konsumen juga bisa mendapatkan product knowledge soal gadget yang ingin dibeli.
Editor: Dani M Dahwilani