Cara Menghemat Penyimpanan di iPhone Anda

Siska Permata Sari ยท Selasa, 09 Juni 2020 - 12:05 WIB
Cara Menghemat Penyimpanan di iPhone Anda

iPhone 11 (Foto: Apple)

JAKARTA, iNews.id - Penyimpanan pada iPhone adalah hal yang penting. Hal ini karena perangkat produksi Apple tersebut tak mempunyai penyimpanan eksternal tambahan yang dapat dipakai untuk foto, video, dan aplikasi Anda.

Bila iPhone Anda kehabisan ruang penyimpanan, perangkat dapat berjalan lambat atau tidak mengizinkan Anda membuat atau menyimpan file penting. Kondisi ini tentunya dapat mengganggu keseharian Anda dalam menggunakan iPhone.

Tapi, tenang. Sebab ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk kembali mengosongkan penyimpanan iPhone Anda. Berikut caranya, seperti dilansir dari Business Insider, Selasa (9/6/2020).

Hapus aplikasi yang tak penting

Anda dapat melihat semua aplikasi di iPhone Anda melalui ‘Pengaturan’. Di sana Anda bisa melihat aplikasi mana yang banyak memakan penyimpanan Anda. Jika aplikasi itu tak digunakan, lebih baik dihapus. Anda dapat menyortir aplikasi mana saja yang tak Anda gunakan dan uninstall.

Optimalkan foto di iPhone

Ada beberapa cara agar iPhone membantu Anda menyimpan foto dengan lebih efisien. Terutama, jika Anda memiliki iPhone 7 atau lebih baru, Anda memiliki opsi untuk mengambil semua foto Anda dalam mode ‘Efisiensi Tinggi’. Dengan mode itu, kualitas gambar Anda tidak akan terpengaruh, tetapi setiap foto membutuhkan ruang lebih sedikit untuk menyimpan.

Cara mengaktifkannya adalah dengan membuka ‘Pengaturan’ lalu pilih ‘Kamera’, ‘Format’ dan aktifkan ‘Efisiensi Tinggi’.

Hapus chace Safari

Tembolok peramban web Anda bisa menghabiskan banyak ruang, karena setiap hari file internet terus bertambah. Jika Anda menghapus chace Safari, Anda akan keluar dari situs web mana pun yang Anda masuki, dan semua cookie Anda akan dihapus. Tapi hal ini bisa menghemat banyak megabyte.

Hapus pesan WhatsApp

Pesan pada umumnya tidak akan memakan banyak ruang kecuali Anda memiliki banyak teks dengan gambar terlampir. Tetapi jika Anda benar-benar ingin merampingkan penyimpanan, Anda dapat menghapus pesan atau seluruh percakapan secara manual. Selain itu, Anda juga dapat mengubah pengaturan iPhone untuk secara otomatis menghapus teks yang lebih lama setelah satu bulan atau satu tahun.

Editor : Dini Listiyani