Waspada, Ini Gejala Ponsel Telah Disusupi Virus

Siska Permata Sari ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 12:03 WIB
Waspada, Ini Gejala Ponsel Telah Disusupi Virus

Smartphone (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Adanya virus dalam ponsel Anda dapat mempengaruhi kinerjanya. Seperti halnya komputer, virus pada ponsel bisa didapatkan melalui aplikasi, email, situs web jahat, atau bahkan pesan teks.

Jika Anda pernah menerima dan mengakses beberapa hal tadi, sebaiknya periksa ponsel Anda. Pasalnya, virus dapat membahayaman ponsel dan diri Anda sendiri dengan menghapus data, mengumpulkan informasi pribadi, atau melakukan pembelian yang tidak sah.

Seperti yang dikatakan, virus dapat mempengaruhi kinerja ponsel, sehingga Anda perlu memperhatikan gejala-gejala berikut yang dapat muncul saat ponsel Anda telah mempunyai virus di dalamnya. Apa saja gejalanya? Simak daftarnya seperti dilansir dari LifeWire, Selasa (7/7/2020).

Ada aplikasi muncul tanpa diunduh

Salah satu gejala yang paling mudah ditemui adalah adanya aplikasi asing yang muncul tanpa pernah Anda unduh sebelumnya. Jadi, cek secara rutin, apakah ada aplikasi mencurigakan di ponsel Anda?

Ponsel sering crash

Jika ponsel Anda sering berhenti ketika menjalankan suatu tugas, maka bisa jadi masalah itu timbul karena adanya virus.

Baterai sering tiba-tiba habis

Jika baterai ponsel Anda sering tiba-tiba habis tanpa digunakan, atau cepat terkuras baterainya, maka ada kemungkinan itu karena virus. Meskipun bisa juga itu karena masalah baterai, namun Anda perlu curiga akan adanya virus di ponsel Anda.

Pop up iklan

Gejala berikutnya adalah Anda akan mendapatkan lebih banyak pop up iklan dari biasanya. Hal ini karena virus dapat menyebabkan munculnya pop-up iklan menjadi lebih sering dan ini tentunya menjengkelkan.

Pulsa cepat habis

Jika tagihan seluler Anda menunjukkan lebih banyak penggunaan data daripada biasanya, tetapi Anda menggunakan ponsel seperti biasanya, kemungkinan terbesarnya adalah adanya virus.

Selain penggunaan data, virus terutama jenis malware juga dapat membuat pulsa Anda cepat habis lewat pesan SMS yang tak jelas.

Editor : Dini Listiyani