5 Tips WhatsApp yang Mungkin Tak Anda Ketahui

Dini Listiyani ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 09:01 WIB
 5 Tips WhatsApp yang Mungkin Tak Anda Ketahui

Aplikasi WhatsApp (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - WhatsApp sudah lama mendominasi sebagai salah satu platform perpesanan populer di luar sana. Layanan perpesanan milik Facebook ini mempunyai banyak fitur menarik di dalamnya.

Saking banyaknya, tidak semua orang mengetahui fitur yang dapat dimaksimalkan. Bahkan, fitur-fitur tertentu dapat mempermudah penggunanya selama penggunaan platform.

Nah, berikut ini, 5 tips WhatsApp yang mungkin tidak pernah Anda ketahui sebagaimana dikutip dari Makeuseof, Selasa (31/3/2020)

1. Mencari Chat Spesifik
Jika ingin mencari chat spesifik, Anda bisa mencarinya dengan mudah. Bagi pengguna Android, Anda bisa mencarinya di Chats> Specific chat> tap di contact info yang ada di atas? Chat Search? ketik di bar search yang muncul di atas spesific chat.

Jika menggunakan perangkat berbasis Android, Anda bisa mencarinya di Chats> Specific chat> Open menu di kanan atas? Search> Type di search bar yang muncul di atas specific chat.

2. Menyembunyikan Blue Tick
Blue tick dapat membuat pengguna dalam dunia yang penuh masalah, terutama saat tidak membalas pesan secara cepat dan melihat Anda sudah membaca pesan. Anda bisa mematikan blue tick.

Tapi perlu diingat, jika melakukannya, Anda juga tidak akan mendapatkan tanda untuk mengetahui pesan sudah dibaca atau belum. Untuk mengaturnya, bagi pengguna iOS bisa pergi ke Settings> Account> Privacy> Toggle off Read Receipts. Untuk pengguna Android, Anda bisa pergi ke Settings> Account> Privacy> Untick Read Receipts.

3. Mark Chats sebagai Unread
Ada cara untuk menandai chat penting agar Anda bisa kembali ke sana. Salah satunya dengan membuat chat tersebut menjadi pesan yang belum dibaca. Bagaimana caranya?

Bagi pengguna iOS, coba pergi ke Chats> Swipe ke kiri dan kanan> Mark as Unread. Sedangkan untuk pengguna iOS, Anda bisa menekan panjang chat> Open Menu> Mark as Unread.

4. Melihat Recent Chat Tanpa Membuka WhatsApp
Pengguna Apple dapat melihat kontak mana yang pesannya belum terbaca tanpa membuka aplikasi WhatsApp dengan menambahkan widget WhatsApp Recent Chat ke perangkat mereka.

Untuk melakukannya, swipe kiri ke kanan dari lock screen di layar beranda utama Anda > Scroll down ke iko Edit di bagian bawah> Tambahkan ikon WhatsApp Recent Chats Icon> Rearrange urutan widget Anda.

5. Dapatkan Shortcut ke Percakapan Tertentu
Apakah Anda memiliki beberapa orang istimewa yang dijakan berbicara sepanjang waktu melalui WhatsApp? Anda bisa membuat shortcut untuk percakapan tertentu di Android, sehingga membuatnya lebih mudah untuk mengakses chat yang dibutuhkan sepanjang waktu.

Bagi pengguna Android, Anda bisa mengaksesnya di Chats> Specific Chats> Menu> More> Add Shortcut or Chats> Press dan tahan individual chat> Menu> Add Chat Shortcut.

Editor : Dini Listiyani