Cara Kembalikan Akun Instagram yang Dinonaktifkan

Dini Listiyani ยท Minggu, 29 Maret 2020 - 12:01 WIB
Cara Kembalikan Akun Instagram yang Dinonaktifkan

Aplikasi Instagram (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia. Kehilangan akses ke akun Instagram bisa menjadi mimpi buruk bagi sejumlah pengguna.

Beruntung, tidak terlalu rumit untuk mendapatkan kembali akun Instagram Anda. Untuk membantu Anda, ada sejumlah panduan praktis untuk mengembalikan akun Instagram yang dinonaktifkan.

Bergantung pada situasi, pemulihan akun bisa memakan waktu beberapa hari atau minggu. Tapi sebelum melangkah ke cara pengembalian coba kenali terlebih dulu alasan mengapa akun Anda dinonaktifkan sebagaimana dikutip dari Android Authority, Minggu (29/3/2020).

Akun Instagram Dinonaktifkan
Ada beberapa alasan mengapa akun Instagram dinonaktifkan. Diketahui akun dinonaktifkan karena pesan pop-up Anda saat berikutnya mencoba masuk. Perlu diketahui ini tidak sama dengan tak memiliki password atau username yang benar untuk akun.

Jika ini masalahnya, masukkan alamt e-mail atau nomor telepon Anda. Lalu mengatur ulang password Anda akan memperbaiki masalah dalam beberapa menit, kecuali jika Anda diretas.

Instagram tidak memberikan panduan yang tepat untuk alasan akun dinonaktifkan. Tapi, penonaktifkan akun biasanya hasil dari melanggar pedoman komunitas atau ketentuan penggunaan. Pelanggaran berulang juga dapat membuat akun dihapus permanen tanpa ada jalan lain.

Berita baiknya adalah tidak terlalu rumit untuk mendapatkan kembali akun telah dinonaktifkan Mungkin butuh beberapa hari, tapi tidak seberapa dibanding dengan foto yang dimiliki di platform.

Cara Mengembalikan Akun yang Dinonaktifkan
Saat Anda mendapatkan pesan akun dinonaktifkan, hal pertama yang diminta aplikasi untuk Anda lakukan adalah Learn More. Ini akan sedikit banyak memandu Anda melalui proses untuk mendapatkan kembali akun Instagram Anda yang dinonaktifkan.

Jalankan petunjuknya di aplikasi, tapi perlu diingat untuk memulihkan akun Instagram, Anda harus melewati proses banding. Satu-satunya cara yang terjadi adalah jika dinonaktifkan karena kesalahan.

Mengatakan Anda menyesal telah melanggar aturan dan berjanji tidak melakukannya lagi tidak akan bisa mengembalikan akun Instagram yang telah dinonaktifkan.

Tempat yang dapat Anda kunjungi untuk mengajukan banding adalah halaman kontak resmi. Cukup isi bidang yang diperlukan dan klik Send agar kasus Anda ditinjau pihak Instagram. Sekali lagi, hindari meminta maaf karena menyiratkan Anda bersalah.

Anda mungki diminta mengirimkan selfie sebagai verifikasi dalam prosesnya. Anda bisa mengulangi proses banding sesering mungkin hingga mendapatkan moderator yang lebih lunak. Dengan asumsi Anda tidak sengaja melanggar aturan utama, seharusnya tak lebih dari beberapa hari Anda mendapatkan respons.

Editor : Dini Listiyani