Kenali Aplikasi Kuitansi Pembayaran Jurnal.id, dari Fitur hingga Manfaat bagi Bisnis
Seperti yang sudah disebutkan pada awal-awal pembahasan, ada banyak sekali manfaat dari penggunaan aplikasi kuitansi digital bagi bisnis Anda, baik untuk bisnis kecil, menengah, hingga kelas-kelas bisnis tinggi yang sudah pasti menggunakannya.
Terlebih lagi, zaman sekarang kebutuhan digital sudah menjadi wajib, mengingat kemajuan teknologi juga semakin pesat. Hampir semua layanan menggunakan digitalisasi untuk pemasaran hingga transaksinya.
Nah, melalui berbagai sumber telah diringkas tiga manfaat utama dalam penggunaan aplikasi kuitansi pembayaran, simak selengkapnya.
1. Mempermudah Administrasi dan Pelaporan
Manfaat pertama yang paling dirasakan oleh manajemen saat menggandeng pihak ketiga sebagai penyedia aplikasi kuitansi pembayaran adalah kemudahan dalam mengurus administrasi. Sebab, segala jenis transaksi secara otomatis akan tersimpan dan terdata di database, baik dikelola oleh manajemen atau oleh pihak ketiga.
Di akhir periode, manajer tinggal menerima laporan dalam bentuk jadi dan membawanya dalam evaluasi tanpa harus repot-repot mengumpulkan data satu persatu. Sangat mudah, bukan?
Dengan begitu, dalam mengerjakan tugas harian, manajer tidak akan terbebani dengan urusan administrasi terutama di bagian transaksi yang sering lolos dari pengawasan. Hal ini juga meminimalisir terjadinya kerugian di dalam menghitung keuangan. Anda tidak lagi harus bekerja lembur untuk menghitung uang di kantor.
2. Membantu Kontrol Manajemen
Selaku pihak manajemen, semua yang terjadi di perusahaan harus terkontrol dengan baik. Namun, kadang kala manajemen tidak bisa memperhatikan hal-hal kecil seperti transaksi-transaksi yang terjadi setiap harinya. Ada ratusan bahkan ribuan transaksi setiap hari, belum jika perusahaan Anda memiliki cabang di mana-mana.
Semakin banyak transaksi yang terlewat dalam pelaporan jika Anda masih menerapkan perhitungan manual di dalam transaksi tersebut. Seperti di dalam bisnis supermarket misalnya, ratusan transaksi terjadi setiap hari.
Meski pelanggan menerima nota secara fisik, setiap transaksi harus tersimpan dalam bentuk digital dan pengelolaannya harus benar-benar terpantau. Dengan menggunakan layanan pihak ketiga, tentunya hal tersebut akan semakin mudah.