Ukuran Header YouTube yang Tepat agar Tak Terpotong

Dini Listiyani ยท Rabu, 28 September 2022 - 19:02:00 WIB
Ukuran Header YouTube yang Tepat agar Tak Terpotong
Ukuran Header YouTube yang Tepat agar Tak Terpotong (Foto: Canva)

JAKARTA, iNews.id - Ukuran header YouTube yang tepat agar tak terpotong perlu diperhatikan. Mengingat, YouTube bukan hanya platform berbagi video, tapi juga mesin pencari terbesar kedua di  dunia. 

YouTube menawarkan berbagai konten mulai dari vlog hingga video kucing. Anda juga bisa menggunakan YouTube untuk mempromosikan konten dan brand. 

Selain video yang menarik, penting juga untuk memiliki thumbnails video kualitas tinggi, channel banner, dan profile picture berkualitas tinggi. 

Ukuran Header YouTube yang Tepat agar Tak Terpotong

Dikutip dari situs Canva, channel banner YouTube atau dikenal sebagai channeL art atau header, mirip dengan foto sampul yang mewakili brand dan konten Anda. 

Ukuran banner YouTube yang ideal adalah  2560 x 1440 pixels, tapi Anda bisa menggunakan dimensi banner 2048 x 1152 pixels. Untuk hasil terbaik, buat gambar channel banner dengan aspek rasio 16:9.

File yang didukung untuk gambar banner ini adalah JPG, PNG, GIF, dan BMP hingga 6MB. Karena pengguna menonton video YouTube dari berbagai perangkat, termasuk komputer, gadget mobile, dan TV, gambar banner akan terlihat berbeda tergantung perangkatnya.

Namun, terlepas dari mana aksesnya, ukuran terbaik untuk channer art atau banner tetap  2560 x 1440 pixels.

Selain header, Anda juga perlu perhatikan video yang ingin diupload. Kreator bisa mengunggah video YouTube berukuran dari 240p (426 x 240 pixels) to 2160p (3840 x 2160 pixels) di YouTube. 

Namun, ukuran maksimal file mencapai 256GB atau 12 hours. Selain itu, video YouTube yang ideal mempunyai aspek rasio 16:9. Di sisi lain, bagian yang perlu diperhatikan dalam konten ada thumnail untuk menarik penonton. 

Ukuran thumbnail YouTube yang disarankan adalah 1280 x 720 pixel dan hingga 2 MB. Untuk hasil terbaik, unggah thumbnail video dengan rasio aspek 16:9. File gambar JPG, GIF, dan PNG didukung. Dimensi ukuran minimum untuk thumbnail YouTube adalah lebar 640 piksel.

Thumbnail video yang dirancang dengan baik memberi pemirsa pratinjau cepat dari video Anda. Ini adalah cara yang bagus menggaet viewers saat mereka menjelajahi YouTube. 

Setelah mengunggah video, Anda dapat memilih dari 3 thumbnail yang dibuat secara otomatis atau mengunggah gambar khusus Anda sendiri. 

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda