5 Tips Memilih Jasa Laundry, Salah Satunya Perhatikan Penggunaan Sabun

Vien Dimyati ยท Senin, 14 Oktober 2019 - 16:32 WIB
5 Tips Memilih Jasa Laundry, Salah Satunya Perhatikan Penggunaan Sabun

Memilih jasa laundry (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda yang sibuk bekerja dan tidak sempat mencuci baju di rumah, tentu sudah tidak asing dengan jasa laundry. Kehadiran jasa laundry tentu saja menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang tidak sempat mencuci baju sendiri di rumah.

Tetapi, sebelum Anda memilih jasa laundry, ada baiknya mengetahui beberapa hal penting. Mulai dari lokasi, kecanggihan mesin, sabun cuci yang digunakan, hingga harga.

Lantas, apa saja tips yang perlu diketahui konsumen sebelum memilih jasa laundry? Berikut ulasannya seperti dirangkum Senin (14/10/2019).

Mesin

Lina Djohan selaku CEO PT Artesis Bisnis Global (Clean Plus Laundry) mengatakan, konsumen harus memerhatikan alat atau mesin apa yang digunakan oleh jasa laundry. Misalnya, di rumah Anda memiliki mesin cuci laundry. Ini bisa digunakan juga. Tapi yang penting adalah mesin apa yang digunakan. "Seperti mesin laundry yang dipakai oleh kami yang memiliki perputaran kecepatan 1.600 rpm. Di mesin laundry rumahan tidak sampai segitu. Ini bisa membersihkan baju dengan cepat," kata Lina, di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, mesin laundry yang dimiliki Clean Plus memiliki kelebihan, yaitu konsumen bisa melihat kotoran yang ada di mesin cuci. Laundromat atau laundry koin ini digunakan untuk baju sehari-hari yang ingin mencuci bersih dan hemat. Jika ada pakaian khusus, harus mencuci ke laundry treatmen khusus. Clean plus laundry menggandeng Alliance Laundry System yang menyediakan mesin cuci Primus dengan daya tahan yang siap bekerja lebih dari 20 jam per hari.

Miliki Manajemen

Jasa laundry yang profesional tentu memiliki manajemen yang baik. Menurut Lina, konsumen harus memilih laundry yang bisa dipercaya, salah satunya memiliki manajemen. "Makanya, dari awal kita selalu mengatakan, clean plus laundry memiliki manajemen profesional, tidak main-main, banyak yang disiapkan, mulai dari cctv hingga kebersihan," ujarnya.

Komitmen Penggunaan Sabun

Untuk hal yang satu ini juga wajib diperhatikan konsumen. Bagaimana jasa laundry komitmen menggunakan sabun, pewangi, dan alat-alat yang terbaik. "Ini kerap dipandang sebelah mata, tidak diperhatikan. Padahal, sabun berdampak pada kesehatan juga. Misalnya, kami menggunakan soklin. Dalam dunia jasa laundry, soklin adalah brended. Tetapi kalau laundry lain mereka gunakan sabun curah. Ini efeknya untuk kesehatan gak bagus. Makanya dry clean di Indonesia sudah dilarang karena bahaya kimiawi ke tubuh bisa berbahaya," kata Lina.

Lokasi

Penempatan jasa laundry juga menjadi pertimbangan bagi clean plus laundry. Welly Juliana selaku Business Development PT Artesis Bisnis Global (Clean Plus Laundry) mengatakan, clean plus laundry memilih lokasi padat penduduk serta yang memiliki traffik tinggi. Ini bisnisnya bagus dan dekat dengan masyarakat. Dia menambahkan, laundry koin menyediakan tempat ekslusif dan bisa diakses diberbagai tempat. Biasanya laundry koin ada di apartemen, mal, dan dekat dengan padat penduduk.

"Masyarakat ingin ada jasa laundry yang cepat dan mudah terjangkau. Makanya kita pilih lokasi strategis dan nyaman. Kami berikan hasil cucian dan kualitas terjaga, menyediakan mesin dengan jumlah dan kebersihan maksimal. Menggunakan mesin cuci Primus," katanya.

Hemat dan Murah

Laundry koin menjadi salah satu jasa laundry yang tergolong hemat. Sebab, konsumen bisa menentukan sendiri. Apakah hanya mencuci-kering atau mengeringkan saja. "Konsumen bisa menentukan. Baju juga tidak bisa dicampur. Kita tidak bisa menipu konsumen karena mereka memakai mesin masing-masing dan melayani sendiri. Mau cuci pakaian dalam sendiri juga leluasa," kata Lina.

Menurutnya, untuk mencuci di clean plus laundry hanya cukup membeli koin Rp15 ribu. Jika ingin mengeringkan, hanya menambah Rp15 ribu lagi. "Bisa pilih mau cuci kering. Kurang kering, bisa beli koin lagi. Jadi 6 kg bisa cuci bersih hanya Rp15 ribu. Tidak perlu disetrika. Setelah keluar dari mesin cuci kain keluar panas. Jadi saat dilipat sudah rapi," tuturnya.


Editor : Vien Dimyati