Intip Kemegahan Masjid Kubah Emas Depok yang Memikat Pengunjung

Rahma Sari ยท Senin, 26 Maret 2018 - 13:25 WIB
Intip Kemegahan Masjid Kubah Emas Depok yang Memikat Pengunjung

Kemegahan Masjid Kubah Emas (Foto: Gembulswordpress)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia memiliki banyak Masjid indah dan megah. Keindahan masjid ini menjadi magnet bagi masyarakat untuk berkunjung. Masjid saat ini sering dijadikan sebagai wisata religi.

Salah satu masjid di Indonesia yang telah diakui keindahannya adalah Masjid Dian Al-Mahri. Masjid  yang berada di Depok ini, lebih sering disebut dengan  Masjid Kubah Emas. Masjid yang indah ini memiliki satu kubah utama dan empat kubah kecil berlapis emas.

Tak hanya keindahan kubah yang berlapis emas, desain dalam  masjid juga terlihat indah. Di dalam masjid ada lampu kristal yang beratnya mencapai delapan ton dan beberapa relief yang juga dilapisi emas. Lalu langit-langitnya dilukis awan, sehingga terlihat tampak mewah.

Saat iNews.id berkunjung ke masjid, suasana masjid terasa sangat damai. Saya menunaikan salat zuhur dengan sangat khusyuk. Karpetnya yang berwarna hijau terasa wangi, mukena yang dikenakan juga bersih dan wangi, sehingga nyaman dikenakan.

Masjid Dian Al-Mahri dibangun pada April 1999 dan diresmikan pada 31 Desember 2006. Masjid yang berada di Jl Meruyung, Limo, Depok ini mampu menampung 20.000 jamaah. Jamaah yang datang ke Masjid bukan hanya dari sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek) saja, tapi dari berbagai daerah di Indonesia. Saya bertemu dengan salah satu pengunjung, Zulqaidah Ahmad dari Sorong, Papua. Dia mengaku sedang mengikuti kegiatan organisasi di Jakarta. Dia telah lama memiliki keinginan untuk mengunjungi Masjid Dian Al-Mahri dan melaksanakan salat.

“Iya saya memang sengaja menyempatkan diri datang ke Masjid Dian Al Mahri untuk melihat keindahan masjid dan ingin melaksanakan salat,” ungkapnya.

Pengunjung lainnya, Muhammad Rizal dari Pontianak, Kalimantan Barat yang sedang mengunjungi rumah temannya di Depok mengaku diajak oleh temannya untuk mengunjungi masjid. Dia merasa takjub dengan keindahan Masjid Dian Al Mahri yang terlihat indah.

“Indah banget masjidnya, biasanya saya lihat dari televisi saja, sekarang dapat melihat langsung dan salat,” kata Rizal.

Bahkan, ibu-ibu dari berbagai majelis taklim juga datang ke masjid. Mereka datang secara berombongan menggunakan bus. Rida Firana, pengunjung dari Pelembang mengaku datang bersama rombongannya. Mereka melakukan perjalanan menggunakan bus dari Palembang.

“Selama tiga hari ini di Jakarta, kami kemarin mengunjungi Masjid Istiqlal, kemudian hari ini ke Masjid Kubah Emas,” ungkap Rida.

Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur Timur Tengah ini memiliki area seluas sekitar 50 hektare. Luas bangunan masjid sendiri sekitar 800 meter dengan taman luas di sekelilingnya. Taman-taman dengan pepohonan yang terawat terlihat indah. Di halaman masjid ini Anda dapat berfoto dengan latar masjid. Anda bisa menggunakan jasa fotografer untuk menghasilkan foto yang bagus dan membawa pulang foto yang telah di cetak.


Editor : Vien Dimyati