Memandang Keindahan Danau Toba dari Puncak Tertinggi Gunung Sibuatan

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 23 November 2017 - 20:41 WIB
Memandang Keindahan Danau Toba dari Puncak Tertinggi Gunung Sibuatan

Keindahan Gunung Sibuatan (Foto: Ilustrasi/Twiter)

JAKARTA, iNews.id – Tak hanya memiliki Sinabung, Tanah Karo juga memiliki Gunung Sibuatan yang menawan, favoritnya para pendaki gunung. Berada di ketinggian 2457 mdpl, puncak tertinggi Sibuatan menjadi spot terbaik melihat kemegahan Danau Toba.

Mengeksplor destinasi wisata alam Tanah Karo, Medan, merupakan kegiatan paling seru dan menarik. Kabupaten ini memiliki kontur, alam, fauna, dan flora yang unik.

Bagi traveler yang ingin menjajal wisata di Karo, pegunungan di sini adalah juaranya dalam hal keindahan. Jika berkunjung ke Kabupaten Karo, pasti tahu mengenai keindahan triple s mountain. Tiga gunung tertinggi di Karo yang kerap ditaklukkan pendaki, yaitu Gunung Sinabung, Sibayak, dan Sibuatan.

Lantas, seperti apa keindahan tiga gunung yang hampir semuanya masih aktif ini?

Kepada iNews.id, Kamis (23/11/2017), travel blogger sekaligus anggota komunitas Wanadri, Zhibril Ahsani, membeberkan keindahan triple s mountain yang kerap ditaklukkan oleh anak gunung.

"Memang tidak banyak wisatawan yang tahu mengenai tiga gunung terindah dan menarik di sini. Apalagi untuk didaki. Paling kebanyakan tertuju pada Gunung Sinabung. Gunung ini menjadi pusat pendakian bagi mereka yang suka berpetualang," kata penulis buku tentang petualang, Zhibril Alhasani.
 
Menurutnya, pegunungan yang berada di Kabupaten Karo rata-rata masih dalam keadaan aktif, namun tidak berbahaya untuk didaki. “Jika nekat ingin mendaki harus berhati-hati," sambungnya.

Gunung Sinabung adalah gunung tertinggi di Sumatera Utara dengan predikat aktif. Sedangkan Gunung Sibuatan adalah statusnya tidak aktif.

Terletak di kawasan Kabupaten Karo, Kecamatan Merek, Provinsi Sumatera Utara, Gunung Sibuatan masih belum banyak diketahui masyararakat.

Memiliki ketinggian 2457 mdpl, Gunung Sibuatan menjadi gunung tertinggi di Sumatera Utara mengalahkan Sinabung yang hanya 2451 mdpl.

Akses menuju puncak Gunung Sibuatan cukup ekstrem dan menegangkan. Bila hendak mendaki, dianjurkan untuk berhati-hati, alasannya adalah curah hujan yang tinggi ditambah dengan kelembapan udara yang tinggi juga.

Dimulai dari kaki gunung, dibutuhkan waktu tujuh hingga sembilan jam perjalanan menuju puncak. Medan menuju Gunung Sibuatan memang sangat sulit. Jika ingin mendaki, di sini ada dua titik lokasi puncak Gunung Sibuatan yang bisa dipilih, Barat dan Timur.

"Jangan lupa untuk membawa pakaian atau jaket yang ekstra tebal, karena udara yang sangat dingin akan terasa sampai menusuk ke dalam tulang. Bahkan, bisa mencapai 15 derajat Celsius," saran Zhibril.

Berada di ketinggian puncak Sibuatan, Anda akan disajikan pemandangan Danau Toba yang luas dan indah. Spot ini menjadi salah satu favorit pendaki.


Editor : Vien Dimyati