4 Cara Masak Kentang Lebih Rendah Lemak, Cocok untuk Diet

Siska Permata Sari ยท Minggu, 12 Juli 2020 - 08:50 WIB
4 Cara Masak Kentang Lebih Rendah Lemak, Cocok untuk Diet

Mengolah kentang (Foto : Readers digest)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tidak suka kentang? Makanan satu ini mudah didapat dan bisa dimasak dengan cara apa pun, sesuai selera Anda. Belum lagi kandungan dalam kentang yang memiliki manfaat kesehatan.

Dalam kentang, mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, folat, niacin, zat besi, mangan, fosfor, tembaga, dan magnesium.

Namun, kentang juga mengandung kalori cukup tinggi yakni 89 kalori dan 0,15 gram lemak, per 100 gramnya. Oleh sebab itu, jika Anda ingin memasak kentang dengan cara lebih sehat, Anda dapat mencoba cara-cafa berikut ini.

Apa saja? Simak daftarnya, seperti dilansir Reader’s Digest, Minggu (12/7/2020).

Dijadikan kripik buatan rumahan

Kripik kentang dalam kemasan cenderung lebih tinggi garam dan kalori. Jadi, jika ingin lebih sehat cobalah buat kripik kentang sendiri di rumah. Anda bisa memulai dengan merebus kentang dalam air mendidih selama 5 menit.

Tiriskan, keringkan dan potong menjadi keripik yang agak tebal. Oleskan loyang dengan sedikit minyak. Aduk keripik dalam telur kocok putih 1 butir telur. Buang kelebihan dan menyebar chip di atas nampan. Panggang selama 35 menit. Anda juga bisa menggorengnya dengan minyak yang lebih rendah lemak.

Kentang tumbuk

Cara berikutnya, adalah memasak kentang tumbuk atau mashed potato. Anda bisa mencoba memasaknya dengan susu skim atau mentega rendah lemak. Dengan cara ini, memberi Anda kentang bertekstur lembut yang Anda sukai.

Kentang rebus

Ingin lebih sehat? Cobalah membuat kentang rebus. Potong kentang beberapa bagian, ukurannya boleh tebal, dan rebus hingga lunak. Anda bisa tambahkan garam dan disajikan bersama saus atau mayonaise.

Dibikin semur

Jika Anda menyukai rasa manis dan berbumbu, cobalah menjadikan semur kentang. Anda bisa menambahkan tahu atua tofu dan telur rebus.

Selamat mencoba!

Editor : Vien Dimyati