4 Makanan Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Cocok Buat Makan Malam

Siska Permata Sari ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 18:26 WIB
4 Makanan Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Cocok Buat Makan Malam

Makanan yang akan memuat tidur nyenyak (Foto : Healthline)

JAKARTA, iNews.id - Kualitas tidur yang baik sangat penting di masa pandemi virus corona (Covid-19). Pasalnya, cukup tidur telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, salah satunya adalah menjaga sistem kekebalan tubuh tetap dalam kondisi baik.

Namun sayangnya, tidak semua mendapatkan kualitas tidur yang cukup. Sebagian orang justru kerap merasakan kesulitan tidur di malam hari. Penyebabnya pun bermacam-macam, stres salah satunya.

Jika Anda mengalami masalah tidur di malam hari, jangan khawatir. Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan-makanan yang dapat membuat Anda lebih cepat mengantuk. Nah, makanan-makanan ini cocok untuk dikonsumsi sebagai makan malam.

Apa saja? Mari simak daftarnya seperti dilansir dari Healthline, Kamis (25/6/2020).

Buah kiwi

Kiwi merupakan buah rendah kalori dan sangat bergizi. Satu kiwi sedang mengandung hanya 50 kalori dan sejumlah besar nutrisi, termasuk 117% dari kebutuhan harian Anda untuk vitamin C dan 38% untuk vitamin K. Selain itu, menurut penelitian, kiwi dapat meningkatkan kualitas tidur yang baik dikonsumsi sebelum tidur.

Hal ini kemungkinan karena buah kiwi mengandung serotonin dan antioksidan, yang keduanya dapat meningkatkan kualitas tidur.

Ikan

Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, trout, dan mackerel sangat baik bagi kesehatan. Hal ini karena ikan-ikanan tersebut mengandung vitamin D dan asam lemak omega-3. Kombinasi itulah yang berpotensi meningkatkan kualitas tidur. Pasalnya, kandungan-kandungan itu terbukti meningkatkan produksi serotonin, zat kimia otak yang merangsang tubuh untuk tidur.

Nasi putih

Habis makan nasi lalu mengantuk? Ini kerap dirasakan orang setelah makan nasi putih. Ternyata, hal ini disebabkan indeks glikemik yang tinggi pada nasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Pisang

Jika Anda tak ingin makan nasi di malam hari, Anda bisa mencoba mengonsumsi pisang. Buah kuning ini mengandung triptofan dan merupakan sumber magnesium yang baik. Kedua sifat ini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Editor : Vien Dimyati