Cara Membuat Ayam Bakakak Empuk hingga Tulang, Dipanggang dengan Rempah

Vien Dimyati · Jumat, 14 Agustus 2020 - 11:52 WIB
Cara Membuat Ayam Bakakak Empuk hingga Tulang, Dipanggang dengan Rempah

Mencicipi ayam bakakak (Foto : Instagram @susie.agung⁣)

JAKARTA, iNews.id - Ayam bakakak menjadi salah satu menu yang wajib dicicipi jika Anda singgah ke daerah Jawa Barat. Entah itu ke Bandung, Karawang, Kuningan, dan lainnya, Anda harus mencicipi.

Ayam bakakak identik dengan rasanya yang manis dan pedas. Apalagi ayam ini dipanggang secara utuh atau satu ekor. Siapa saja pasti akan ketagihan.

Kali ini, jika Anda ingin menghabiskan waktu weekend bersama keluarga di rumah, tidak ada salahnya memilih menu ayam bakakak. Anda bisa menyajikan menu spesial ini ketika liburan di rumah.

Untuk membuat ayam bakakak juga tidak terlalu sulit. Anda bisa berkreasi dengan bumbu dan rempah-rempah spesial. Untuk mendapatkan rasa ayam bakakak yang lezat dan empuk hingga tulang, Anda bisa mempersiapkan resepnya.

Ingin tahu resep lengkap cara membuat ayam bakakak kampung? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @susie.agung⁣, Jumat (14/8/2020).

Bahan:⁣

1 ekor ayam pejantan atau ayam kampung muda, belah dada tidak sampai putus ⁣
2 lembar daun salam ⁣
1 batang serai, memarkan ⁣
200 ml santan kental⁣
400 ml air⁣
Secukupnya garam ⁣
1 sdm gula merah⁣

Bumbu perendam:⁣

2 ruas kunyit, bakar⁣
3 siung bawang putih ⁣
Secukupnya garam

Bumbu Halus:⁣

7 butir bawang merah ⁣
3 siung bawang putih ⁣
2 butir kemiri ⁣
4 cabai merah besar (sesuai selera)⁣
1 ruas jari lengkuas muda ⁣
1 ruas jari jahe ⁣
1 sdt merica butiran⁣
1 sdm ketumbar ⁣

Cara Membuat:⁣

1. Haluskan bumbu perendam, baluri ayam dengan bumbu halus tadi sampai rata, tuangi 400 ml air sampai rata dan ayam terendam, diamkan 1 jam. ⁣
2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan serai, daun salam, aduk rata, masukkan ayam beserta bumbu perendamnya, bumbui garam & gula merah, aduk rata, masak sampai air mendidih, kecilkan api, masukkan santan, aduk rata, masak terus sampai ayam matang dan santannya menyusut.⁣
3. Ambil sisa bumbu ungkepnya, beri 3 sdm kecap manis, aduk rata untuk olesan saat membakar ayam.⁣
4. Bakar ayam yang sudah diungkep, olesi permukaannya dengan bumbu olesan sampai rata, bakar sampai kecoklatan, angkat, sajikan segera dengan pelengkap sambal dadak dan lalapan segar.⁣

Selamat Mencoba!

Editor : Vien Dimyati