Cara Membuat Ayam Bakar Madu, Bumbu Meresap hingga ke Tulang

Vien Dimyati ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 10:05 WIB
Cara Membuat Ayam Bakar Madu, Bumbu Meresap hingga ke Tulang

Ayam bakar madu lezat (Foto : Instagram@andinskitchen)

JAKARTA, iNews.id - Memilih menu spesial untuk disajikan kepada keluarga saat weekend menjadi pilihan tepat. Apalagi menu yang dimasak berbahan utama daging ayam.

Kali ini, Anda bisa berkreasi membuat ayam bakar madu. Bumbunya lezat dan meresap hingga ke tulang. Siapa saja akan tergugah dengan kelezatannya.

Apalagi jika Anda menyantap ayam bakar madu dengan nasi uduk dan sambal terasi. Ayam bakar madu bisa menjadi menu alternatif jika Anda mulai bosan memasak ayam goreng. Ayam madu mudah dibuat.

Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan juga mudah didapat. Anda hanya menyiapkan bumbu-bumbu seperti santan, gula merah, bawang, cabai, daun sereh, dan lainnya.

Anda bisa memasak ayam bakar madu di atas bara api atau grill pan. Bisa disesuaikan selera. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat ayam bakar madu? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @andinskitchen, Minggu (28/6/2020).

Bahan 1 :
1,5 ekor ayam ukuran sedang, potong sesuai selera
600 ml air

Bahan 2 :
200 ml santan kara
9 sdm kecap manis bango
2 sdm gula aren sisir
Secukupnya garam
Secukupnya royco kaldu bubuk rasa sapi
6 sdm madurasa boleh original boleh rasa nipis
4 jeruk limau ukuran besar, ambil airnya (sesuaikan selera asam masing-masing bagian, harus tercium bau jeruknya, tuang sedikit-sedikit dulu sampai mendapatkan rasa yang pas di lidah)

Bumbu Halus :
20 siung bawang merah
15 siung bawang putih
8 butir kemiri
1,5 sdt ketumbar bubuk
1,5 sdt lada bubuk

Bumbu Daun :
10 cm jahe, geprek
3 batang serai, geprek
5 lembar daun salam
8 lembar daun jeruk

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu halus dan bumbu daun hingga harum dan matang. Masukkan air lalu didihkan.
2. Masukan ayam dan bahan 2 lalu masak hingga ayam matang sempurna. Koreksi rasa dan masak lagi hingga ayam betul betul empuk, bumbu meresap, dan kuah rebusan mengental menghitam. Matikan api.
3. Bakar ayam di atas bara api atau grill pan sesuai selera kematangan.

Catatan: sisa bumbu rebusan bisa disimpan di freezer untuk merebus ayam mentah 1 kali lagi. Tambahkan air saat merebus dan perbaiki rasa bila ada yang kurang sedikit.

Editor : Vien Dimyati