Ide Makan Siang dengan Ikan Bakar Sehat Dimasak Pakai Olive Oil

Vien Dimyati ยท Senin, 22 Juni 2020 - 12:02 WIB
Ide Makan Siang dengan Ikan Bakar Sehat Dimasak Pakai Olive Oil

Ikan bakar sehat (Foto : Instagram@banususanto)

JAKARTA, iNews.id - Ikan menjadi salah satu menu seafood yang paling banyak disajikan untuk keluarga di rumah. Selain rasanya yang lezat, ada banyak macam masakan yang bisa dibuat dari ikan.

Anda bisa membuat ikan goreng, gulai, bakar, dan lainnya. Kali ini, untuk ide makan siang, Anda bisa memasak ikan bakar sehat. Ikan bakar lebih sehat karena dimasak dengan olive oil.

Tidak harus menggunakan arang bakar, Anda bisa menggunakan teflon yang lebih praktis. Ikan bakar yang dimasak dengan olive oil lebih sehat, karena kaya akan lemak tak jenuh tunggal, sehingga menjadi pilihan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Ditambah dengan nutrisi yang berada di dalam kandungan ikan. Ikan memiliki omega-3, asam lemak, vitamin B2, (riboflavin) dan D, fosfos, kalsium dan Mineral seng, zat besi, yodium, magnesium, dan kalium.

Ingin tahu cara membuat ikan sehat yang kayak dengan vitamin? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @banususanto, Senin (22/6/2020).

Bahan:

1 ekor ikan (berat 1/2 kg), cuci bersih
200 cc air
Extra Light Olive Oil
1 batang serai, geprak
1 lembar daun jeruk
2-3 sdm kecap manis
Garam, kaldu bubuk secukupnya

Bumbu Halus:

3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm kunyit
1 cm jahe
1 cm lengkuas
3 butir kemiri
1/2 sdt biji lada
1 sdt biji ketumbar

Bumbu marinate ikan (campur jadi satu):

1 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt ketumbar bubuk
1 siung bawang putih dihaluskan
1/2 sdt garam

Cara Memasak:

1. Lumuri ikan dengan bumbu marinate, diamkan sekitar 1 jam.
2. Bumbu bakaran: tumis bumbu halus bersama serai dan daun jeruk menggunakan Extra Light Olive hingga matang. Tambahkan air, kecap manis, garam, dan kaldu bubuk. Masak dalam api sedang hingga bumbu mengental. Sisihkan.
3. Goreng ikan secara pan fried menggunakan Extra Light Olive Oil hingga kulit cukup kering tetapi daging di dalamnya masih lembut. Angkat, dan tiriskan.
4. Bakar ikan sambil sesekali diolesi bumbu bakaran. Ikan bakar siap disajikan.

Editor : Vien Dimyati