Intip 4 Makanan Teraneh di Asia, Salah Satunya Ada Tarantula Renyah

Siska Permata Sari ยท Selasa, 14 Juli 2020 - 08:45 WIB
Intip 4 Makanan Teraneh di Asia, Salah Satunya Ada Tarantula Renyah

Mencicipi makanan teraneh (Foto :Rough Guides)

JAKARTA, iNews.id - Daftar makanan paling enak, itu tergantung selera. Daftar makanan termahal, juga sudah biasa atau sering didengar. Tetapi, bagaimana dengan daftar makanan teraneh?

Sesuai namanya, makanan-makanan berikut ini mungkin tidak dapat Anda bayangkan rasanya. Pasalnya, bukan cara masaknya yang aneh atau mempunyai rasa aneh, tetapi masakan ini mengandung bahan makanan yang tidak lazim.

Apa saja sih daftar makanan teraneh? Simak daftarnya seperti dilansir dari Rough Guides, Selasa (14/7/2020).

Shirako, Jepang

Di daftar pertama ada shirako yang berasal dari Jepang. Dalam bahasa Jepang, shirako mempunyai arti, anak berkulit putih. Tetapi sebenarnya, shirako adalah kantung sperma dari ikan kod, ikan pemancing atau ikan buntal.

Masakan ini tampak seperti gumpalan putih atau otak kecil yang berwarna putih. Rasanya? Katanya masakan ini memiliki rasa custardy yang manis.

Mata ikan tuna, Jepang

Di urutan kedua lagi-lagi berasal dari Jepang. Sesuai namanya, makanan ini memang dibuat dari mata ikan tuna. Di Jepang, mata ikan tersebut dicabut dan dijual murah di supermarket.

Cara memasaknya, mata ikan itu direbus atau kukus, dan dibumbui dengan bawang putih atau kecap. Katanya, rasa mata ikan tuna ini mirip dengan cumi-cumi.

Tarantula goreng, Kamboja

Di ingatan kita, tarantula adalah binatang yang menyeramkan. Tetapi di kamboja, binatang ini disajikan sebagai hidangan yang renyah. Ya, tarantula tersebut digoreng dan dijadikan sebagai camilan renyah. Banyak yang bilang, tarantula goreng ini rasanya mirip kepiting.

Sup telur semut, Laos

Dari Kamboja, kita beralih ke Laos. Di sini, ada hidangan sup yang terbuat dari telur semut. Namanya adalah Gaeng Kai Mot Daeng, yang menggabungkan campuran telur semut dan embrio parsial dari semut putih, ditambah beberapa bayi semut untuk menambah rasa asam. Katanya, rasa sup telur semut ini mirip udang.

Editor : Vien Dimyati