Jangan Sepelekan, Mi Instan hingga Gorengan Bisa Picu Obesitas

Vien Dimyati ยท Jumat, 05 Maret 2021 - 12:58:00 WIB
Jangan Sepelekan, Mi Instan hingga Gorengan Bisa Picu Obesitas
Jangan sepelekan obesitas (Foto: NDTVFood)

JAKARTA, iNews.id - Obesitas merupakan salah satu gangguan lemak di tubuh yang berlebihan. Gangguan ini dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan. Biasanya gangguan ini disebabkan dari makanan hingga gaya hidup.

Bahkan, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, 1 dari 3 orang dewasa Indonesia mengalami obesitas, dan 1 dari 5 anak usia 5-12 tahun mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Meskipun belum menjadi prioritas dibandingkan dengan penyakit lain, obesitas telah menimbulkan dampak kesehatan yang serius dan risiko finansial yang semakin mahal bagi negara. Dengan lebih dari 800 juta orang di dunia yang mengalami obesitas, konsekuensi medis dari obesitas akan mencapai lebih dari 1 triliun dolar AS pada 2025. 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan, dr. Cut Putri Arianie mengatakan, obesitas di Indonesia melonjak dengan mengkhawatirkan. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 juga menunjukkan, tren masalah berat badan pada orang dewasa Indonesia telah mengalami peningkatan hampir dua kali lipat, dari 19,1% pada 2007 hingga 35,4% pada 2018. 

"Kita harus benar-benar menekan tren peningkatan obesitas ini,“ ujar dr. Cut Putri Arianie, melalui keterangan virtualnya belum lama ini.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3