5 Makanan Khas Manado Terlezat, Unik Ada Nasi Bambu dan Dessert Warisan Belanda

Vien Dimyati ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 17:51 WIB
5 Makanan Khas Manado Terlezat, Unik Ada Nasi Bambu dan Dessert Warisan Belanda

Mencicipi makanan khas Manado (Foto : Instagram @dapurfoody)

JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Manado sangat digemari banyak masyarakat. Biasanya, makanan khas Manado sangat kuat dengan bumbu dan aroma, karena memakai rempah-rempah spesial.

Makanan khas Manado memang terkenal dengan cita rasa pedas dan bumbu khas yang menggoda selera. Sajian kuliner eksotis dari tanah nyiur melambai ini kebanyakan berbahan dasar yang diperoleh dari kekayaan hasil laut Manado.

Jika penasaran apa saja makanan khas Manado yang siap membuat Anda penasaran, intip beberapa makanan khas Manado yang terkenal lezat dan enak. Ingin tahu apa saja? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui berbagai Instagram, Sabtu (11/7/2020).

Makanan Khas Manado Cakalang Fufu

Makanan yang satu ini sangat populer di kalangan pencinta kuliner. Cakalang fufu merupakan sajian makanan berupa ikan cakalang atau ikan tongkol putih yang diasapi dan diolah menjadi beragam menu makanan. Olahan ikan cakalang yang paling enak menurut kebanyakan orang adalah cakalang fufu saus atau cakalang fufu santan.

Makanan Khas Manado Dabu-Dabu

Kuliner khas Manado bercita rasa pedas ini terdiri dari berbagai macam varian di antaranya dabu-dabu bakar, dabu-dabu iris, dabu-dabu lemong, dan dabu-dabu lilang. Semuanya akan mudah Anda jumpai di beberapa rumah makan yang menyajikan ikan bakar.

Makanan Khas Manado Nasi Jaha

Nasi jaha mudah ditemukan di Manado karena hampir setiap rumah makan menyediakan menu nasi jaha ini. Cara memasak nasi jaha cukup unik, beras dan ketan awalnya dimasukkan ke dalam sebilah bambu kemudian dibakar hingga beras di dalam bambu menjadi matang. Setelah itu nasi jaha siap untuk disantap

Makanan Khas Manado Woku Blanga

Woku blanga dimasak menggunakan blanga dari tanah liat. Woku sendiri merupakan campuran bumbu daun jeruk, daun kunyit, daun serai, daun pandan, kemangi, dan juga tambahan bumbu lain, sehingga memiliki cita rasa pedas segar dan juga aroma yang wangi.

Makanan Khas Manado Klappertaart

Kuliner yang merupakan warisan Belanda ini biasa dijadikan dessert dengan rasa yang gurih. Klappertaart nikmat disantap dalam kondisi masih dingin, sehingga harus disimpan terlebih dulu di dalam kulkas.

Editor : Vien Dimyati