5 Makanan Khas Semarang Terpopuler, Nomor 2 Legendaris Dimasak dengan Tungku

Vien Dimyati ยท Senin, 27 April 2020 - 21:09:00 WIB
5 Makanan Khas Semarang Terpopuler, Nomor 2 Legendaris Dimasak dengan Tungku
Makanan khas Semarang terlezat (Foto : Instagram@salwaroses_) (iNews.id/esa putra tanjung)

JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Semarang memiliki rasa dan kelezatan yang wajib dicicipi. Terutama jika Anda berwisata ke berbagai pelosok daerah. Ada banyak tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi untuk kulineran. 

Anda bisa mencicipi wingko, soto, dan bandeng presto yang cukup populer sebagai pilihan. Selain itu masih banyak lagi makanan khas Semarang yang bisa Anda cicipi.

Lantas, apa saja makanan khas Semarang yang bisa Anda cicipi? Berikut makanan dan oleh-oleh khas semarang, Senin (27/4/2020).

1. Lumpia

IG@willy_tantra (iNews.id/esa putra tanjung)
IG@willy_tantra (iNews.id/esa putra tanjung)

Makanan khas Semarang yang satu ini terpopuler di kalangan wisatawan. Cara membuat lumpia pun terbilang cukup mudah. Kamu perlu menggunakan tepung lalu dibentuk menjadi lembaran dan digulung kemudian diberi berbagai isian.

Lumpia Semarang biasanya berisi daging, udang, dan rebung. Disajikan dengan saus manis kental, lumpia cocok dimakan dengan nasi dan menu lain.

2. Babat Gongso

Makanan khas Semarang ini merupakan legendaris. Karena sudah ada sejak lama dan dijual turun temurun. Babat gongso terdiri dari jeroan sapi berupa babat yang dimasak dan disajikan dengan kuah manis pedas.

Bumbu-bumbu yang digunakan pada babat gongso ini di antaranya cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit dan daun salam.

Proses memasak babat gongso masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan tungku sehingga menghasilkan rasa khas.

3. Bandeng Presto

IG@linawati.1005 (iNews.id/esa putra tanjung)
IG@linawati.1005 (iNews.id/esa putra tanjung)

Bandeng Presto banyak dicari oleh wisatawan ketika berada di Semarang. Yang khas dari bandeng presto Semarang adalah sesuai dengan namanya, ikan bandeng ini sebelum disajikan sudah di presto atau di masak dengan uap air panas terlebih dahulu sehingga duri bandeng yang keras menjadi lunak dan menjadi enak untuk dimakan.

Bandeng presto diberi bumbu-bumbu bawang putih, garam dan kunyit yang menambah cita rasa. Bandeng biasanya diolah dengan di goreng, di pepes dan disajikan dengan menu lain.

4. Wingko Babat

IG@nao_tourjepang (iNews.id/esa putra tanjung)
IG@nao_tourjepang (iNews.id/esa putra tanjung)

Wingko atau biasa juga disebut wingko babat merupakan salah satu makanan khas Semarang yang sangat terkenal. Wingko terbuat dari tepung beras ketan, kelapa muda, dan gula.

Wingko disajikan dengan bentuk bundar pipih dan biasanya banyak dicari wisatawan sebagai oleh-oleh.

5. Gandos

Makanan ini adalah cemilan khas Semarang yang legit. Kue gandos khas Semarang ini dibuat dari bahan adonan tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa ditambah gula dan garam.

Kue kecil yang berbentuk seperti bulan sabit ini juga biasa disebut kue rangin. Yang unik dari gandos di Semarang adalah adanya taburan gula halus serta varian lain seperti keju, dan cokelat bubuk yang menambah rasa lezat.

Editor : Vien Dimyati