Mengenal Buah Kepundung, Sumber Antioksidan Alami yang Kini Sulit Ditemui

Andaru Danurdana ยท Senin, 26 Juli 2021 - 20:53:00 WIB
Mengenal Buah Kepundung, Sumber Antioksidan Alami yang Kini Sulit Ditemui
Mengenal buah Kepundung (Foto: Instagram@Indoflashlight)

JAKARTA, iNews.id - Pencinta buah, tahukah Anda tentang buah kepundung? Sering disebut buah menteng, buah yang satu ini kini keberadaannya sulit ditemui di Indonesia karena kalah bersaing dengan jenis tanaman buah lainnya.

Subur di Sumatera dan Jawa, buah ini memiliki penampilan mirip duku dengan bentuknya yang bulat kecil dan berawarna coklat. Tak hanya bentuknya, buah kepundung juga memiliki rasa manis agak asam yang mirip dengan buah duku.

"Buah Kepundung atau Buah Menteng (Baccaurea racemosa) merupakan buah legendaris dari tanah Ibu Pertiwi. Buah ini sangat populer sejak zaman dahulu hingga saat ini, namun keberadaanya terbilang semakin langka. Padahal buah ini memiliki rasa yang sangat nikmat, asam / kecut ketika muda (kulit berwarna hijau), manis asam segar ketika sudah matang (kulit berwarna kuning)," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Senin (26/7/2021).

Berdasarkan sumber yang sama, buah kepundung bisa dijadikan rujak, asinan, manisan atau dimakan langsung sangatlah sedap. Tanaman buah kepundung bisa tumbuh sebagai semak setinggi 3 meter hingga pohon setinggi 25 meter! Buahnya pun ukurannya cukup variatif, yang terkecil berdiameter sekitar 25 cm dan yang terbesar bisa mencapai 70 cm.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2