Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Istimewa)
Binti Mufarida

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendorong Kementerian/Lembaga hingga pemerintah daerah (Pemda) menggunakan produk-produk dalam negeri, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu contohnya adalah pengadaan goodie bag yang digunakan pada acara-acara yang digelar.

“Kita semua berharap aksi belanja produk dalam negeri ini menjadi gaya hidup belanja pemerintah dan masyarakat. Contoh sederhana goodie bag pada acara-acara Kementerian/Lembaga BUMN dan Pemda agar tidak lagi menggunakan produk impor,” ujar Luhut dalam Pengarahan Presiden kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda secara virtual, Kamis (29/9/2022).

Tak hanya itu, Luhut juga meminta agar Kementerian/Lembaga dan Pemda konsisten memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri, sehingga upaya ini bisa membantu meningkatkan produktivitas dan mengurangi kemiskinan.

“Mari secara konsisten kita prioritaskan untuk produk dalam negeri utamanya UMKM dan koperasi. Dengan demikian kita telah membantu peningkatan produktivitas masyarakat untuk pengurangan kemiskinan,” kata dia.

Sementara itu, Luhut mengatakan diperlukan juga upaya reformasi birokrasi investasi yang memberi layanan yang cepat bagi UMKM dan koperasi di antaranya hal penggunaan izin Online Single Submission (OSS).

“Begitu juga diperlukan reformasi birokrasi administrasi pemerintah yang berbasis digital, misalnya untuk kemudahan pengurusan dokumen oleh UMKM, koperasi dan masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, Luhut mengingatkan agar Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan BUMN untuk membatasi belanja impor menjadi maksimal 5 persen dari total belanja 2023.

“Diikuti dengan upaya penguatan UMKM dan koperasi serta industri dalam negeri,” tuturnya.


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT