JAKARTA, iNews.id - Khutbah Jumat terakhir Bulan Rajab 2024 kali ini akan mengangkat tema refleksi Isra Miraj mencegah kemungkaran dengan shalat.
Salah satu hikmah dari peristiwa Isra Miraj itu yakni diperintahkannya shalat 5 waktu. Perintah shalat ini diterima Nabi Muhammad SAW langsung ketika bertemu Allah SWT dalam Mi'rajnya.
Perintah shalat ini mengandung banyak hikmah bagi yang mengerjakannya. Salah satunya mencegah kemungkaran.
Nah, berikut ini iNews.id suguhkan contoh teks Khutbah Jumat terakhir Bulan rajab tentang refleksi isra miraj yang ditulis Syekh Muhammad Fathurahman, M.Ag dilansir dari laman istiqlal.
الْحَمْدُ للهِ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْ بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِنْ بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفًا . ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَه ذُوْالجَلالِ والاِكْرامِ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ،ٍ. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ،
فَيَايُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ، قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الَّشيْطَانِ الرَّجِيْم}، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْ:
فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا
Jamaah Jumat rohimakumulluh
Di awal khotbah, di majelis yang mulia ini marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT yaitu dengan menjalankan perintah Allah SWT dengan ikhlas, khusyu, lagi penuh tawakkal juag menjauhi larangan Allah SWT. Sholawat dan salam mudah-mudahan tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Jamaah Jumat rohimakumulluh
Peristiwa Isra Mi'raj yang terjadi di Bulan Rajab tepatnya tanggal 27 Rajab merupakan salah satu mukjizat Nabi SAW sekaligus bukti kekuasaan Allah. Peristiwa itu diabadikan dalam Al Quran, Surat Al Isra ayat 1. Allah SWT berfirman:
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Artinya: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. Al Isra:1).
Hadirin Rahimakumullah,
Shalat dalam perspektif ilmu fiqih dilihat dari sahnya bacaan dan gerakannya. Namun dilihat dari perspektif tasawuf dari sisi gerakan batinnya. Shalat adalah amal pertama akan dihisab di hari kiamat nanti. Jika bagus maka ibadah yang lainnya juga baik. Menilai amaliyah shalat seorang hamba harus dilihat dari kedua aspek (fiqih dan tasawuf), bukan aspek fisiknya saja.
Shalat yang benar secara fiqih (sesuai aturan) dan tasawuf (ikhlas dan khusyū’) akan menjadi benteng diri pelakunya dari perbuatan keji dan mungkar, tanhā anil fahsyā-i wal munkar (fahsyā [perbuatan jahat yang berimbas kepada dirinya saja] dan munkar [perbuatan jahat yang berimbas kepada orang lain]). Shalat yang sesuai aturan akan berefek kepada seluruh lini kehidupannya.