Kisah Umar memberikan buka puasa penduduk Kota Madinah (Foto:GaraktaStudio/Elements
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Kisah Umar memberikan buka puasa penduduk Kota Madinah pasti akan dapat memberikan inspirasi di bulan Ramadhan. Umar bin Khattab merupakan salah satu sahabat Rasulullah SAW yang menjadi khalifah kedua setelah Abu Bakar As-Siddiq.

Saat masa kepemimpinannya, ada satu kisa inspiratif di bulan Ramadhan yang pernah beliau lakukan. Hal itu dikisahkan dalam ceramah Ustadz Khalid Basalamah yang menjelaskan peristiwa Umar bin Khattab panen pahala Ramadhan dari seluruh orang di satu kota Madinah.

Dilansir iNews.id dari unggahan channel YouTube Hidayah Indonesia,  Umar bin Khattab panen pahala satu kota Madinah hanya dengan air putih dari sumur.

Peristiwa tersebut terjadi saat beliau mengundang semua orang di kota untuk memberikan buka puasa bersama.

Lantas apa yang dilakukan Umar? Dikisahkan bahwa Sahabat Nabi tersebut ingin mendapatkan pahala bulan Ramadhan dengan memberikan buka puasa kepada rakyatnya.

Namun karena saat itu ia tidak punya uang, maka Umar tetap mengundang dengan hanya menyuguhkan air putih.

"Umar bin Khattab pernah membuka puasakan satu Kota Madinah dengan air putih, di zaman akhir khilafah beliau," ujar Ustadz Khalid Basalamah.

"Di waktu akhir Ramadhan, mau dapat pahala buka puasa tapi lagi tidak ada uang," imbuhnya.

Kala itu semua penduduk antusias karena mengira akan mendapatkan hidangan berbuka yang mewah. Pasalnya, yang mengundang berbuka puasa adalah seorang pemimpin. 

Namun nyatanya, mereka justru diminta antre air putih dari sumur lalu menunggu waktu berbuka. 

Setelah tiba waktu buka puasa, ternyata memang tidak ada hidangan yang keluar. Diberitahukan bahwa para undangan yang datang diminta untuk segera berbuka. Masyarakat Kota Madinah saat itu pun langsung paham apa bahwa Umar memang sedang ingin panen pahala agar mendapat keberkahan Ramadhan.

"Mereka bilang mungkin sebentar lagi keluar kurmanya, mungkin sebentar lagi makanannya. Begitu adzan, kata pembantunya umar "Amirul Mukminin menyampaikan saatnya adzan buka puasalah". Akhirnya orang paham, berarti Umar mau cari pahala," terang Ustadz Khalid Basalamah.

Keutamaan Memberikan Buka Puasa

Memang ada banyak amalan baik yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan. Hal yang bisa dilakukan di bulan suci penuh berkah salah satunya dengan bersedekah.

Jika ingin meraup pahala orang yang berpuasa, salah satu caranya adalah  dengan memberikan hidangan berbuka bagi orang lain yang tengah berpuasa, khususnya yang kurang mampu.

Dengan sedekah dalam bentuk demikian, maka seseorang dijamin dapat memperoleh pahala orang yang telah berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala bagi yang berpuasa. Hal itu pernah diriwayatkan dalam satu hadits yang masyhur.

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani, dia berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5:192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Itulah Kisah Umar memberikan buka puasa penduduk Kota Madinah yang menginspirasi.



Editor : Komaruddin Bagja

BERITA TERKAIT