4 Pilot AS Laporkan Sulitnya Kendalikan Sistem Boeing 737 Max

Nathania Riris Michico
Ilustrasi pilot dalam penerbangan. (FOTO: Alexey Y. Petrov / shutterstock)

Sistem ini mencegah pesawat menunjuk ke atas pada sudut yang terlalu tinggi, di mana dia bisa kehilangan daya angkatnya.

Namun, menurut laporan Sistem Pelaporan Keselamatan Penerbangan AS itu -yang digunakan pilot untuk mengungkapkan informasi secara anonim- hal tersebut tampaknya menyebabkan hidung pesawat menukik.

Dalam kedua kasus, pilot terpaksa turun tangan untuk menghentikan pesawat agar tidak turun.

Kecelakaan Lion Air yang menewaskan 189 orang disebabkan oleh sistem stabilisasi penerbangan yang dirancang untuk mencegah pesawat berhenti, yang disebut MCAS.

Setelah kecelakaan Lion Air, Boeing mengeluarkan informasi tentang apa yang harus dilakukan mengenai pembacaan yang salah dari sensor, yang mengirimkan informasi tentang sudut terbang pesawat.

Editor : Nathania Riris Michico
Artikel Terkait
Internasional
27 hari lalu

Boeing Dihukum Bayar Rp599 Miliar ke Keluarga Korban Kecelakaan 737 MAX

Internasional
1 tahun lalu

Departemen Kehakiman AS-Boeing Rampungkan Kesepakatan soal Penyelidikan Jatuhnya Pesawat 737 Max

Internasional
3 tahun lalu

Waduh, Pesawat Ini Tertunda Mendarat karena 2 Pilotnya Ketiduran  

Internasional
5 tahun lalu

AS Siap Cairkan Dana Kompensasi Boeing 737 Max, Tiap Keluarga Korban Terima Rp21 Miliar

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal