Black Friday dilaksanakan pada Jumat, sehari setelah Thanksgiving, yang jatuh pada Kamis keempat November. Selain Black Friday, AS juga memiliki Cyber Monday, yang dihelat setiap Senin setelah Black Friday.
Pada November, masyarakat AS banyak mengeluarkan dana untuk merayakan Thanksgiving; sedangkan pada Black Friday dan Cyber Monday, masyarakat banyak yang membeli barang untuk dibagikan ke keluarga, rekan, ataupun kerabat sebagai hadiah Natal ataupun Tahun Baru.
Total penjualan selama Thanks giving, Black Friday, dan Cyber Monday diperkirakan mencapai 14,48 miliar dolar AS. Sebagai perbandingan dengan pesta belanja milik China, Singles’ Day, Alibaba memimpin pasar penjualan sebesar 90 persen dari total 25,3 miliar dolar AS pada akhir tahun lalu.
Perusahaan raksasa itu kemudian menanamkan modal di berbagai sektor. Walaupun Black Friday mengutamakan cara belanja konvensional, trend shopping terus bergeser ke arah daring, terutama Cyber Monday atau pun Singles’ Day.
Pada 2013, penjualan selama Singles’ Day dari smartphone dilaporkan mencapai 21 persen. Angka itu terus bertumbuh; pada 2014 naik 42,60 persen, tahun berikutnya 68 persen, 82 persen pada 2016, dan 90 persen di 2017 menyusul meratanya internet.