Selama Cyber Monday, kunjungan laman jual-beli dari perangkat smartphone mencapai hingga 64 persen pada 2017, naik sekitar 10 persen dari setahun sebelumnya.
Adapun penjualannya mencapai 43 persen, naik sekitar 10 persen. Sebanyak tiga perempat pembelanja milenial mengaku lebih tertarik berbelanja melalui smartphone dibanding komputer.
Para peritel dan perusahaan perangkat lunak seperti Apple dan Google juga mengakui besarnya peran teknologi dalam mendorong penjualan produk.
Saat ini, proses transaksi juga didukung oleh kombinasi pembayaran uang digital dan aplikasi belanja sehingga menjadi lebih mudah, praktis, cepat, dan lebih efisien. Meski demikian, seperti dilaporkan Forbes, kaum milenial tetap mencoba berbelanja di tempat konvensional untuk mencari harga terbaik dan melihat langsung kualitas barang.
Pada puncaknya, Alibaba pernah mengalami 325.000 transaksi per detik selama Singles’ Day. Hal ini didukung oleh sistem yang praktis yang membedakannya dengan Black Friday atau Cyber Mon day.