PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku operator layanan KRL Commuter Line di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami para pengguna terkait antrean di loket dan gate elektronik untuk masuk dan keluar di beberapa stasiun.
“Sehubungan dengan proses pembaharuan dan pemeliharaan sistem E-Ticketing KRL, untuk saat ini seluruh tiket perjalanan KRL menggunakan Tiket Harian Berjaminan. Penggunaan KMT dan kartu bank belum dapat dilakukan hari ini. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” tulis akun Twitter resmi PT KCI @CommuterLine, Minggu (22/7/2018).
Kondisi tersebut terjadi karena saat ini PT KCI sedang melakukan proses pembaharuan dan pemeliharaan sistem pada perangkat ticketing yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan hingga sampai sekarang masih berlangsung.
Adanya pembaharuan sistem ini mengakibatkan antrean yang panjang di sejumlah stasiun, khususnya rute Bogor-Kota. Pasalnya, pengguna KRL yang hendak keluar dan masuk harus melewati satu tempat tap saja.
Selama proses pembaharuan dilakukan, PT KCI menugaskan karyawan dan unit kerja untuk membantu pelayanan pengguna di seluruh stasiun KRL.
“Bagi pengguna jasa yang memiliki kendala pada kartu dapat menghubungi petugas dan menuju loket stasiun untuk penyelesaian proses pada kartu,” ujar PT KCI.