Ada banyak perusahaan otobus (PO) legendaris yang lahir dari daerah Jawa Timur, bertahan sampai sekarang. (Foto: Instagram)
Tangguh Yudha

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak perusahaan otobus (PO) yang lahir dari daerah Jawa Timur. Mereka di antaranya memiliki nama besar dan begitu melegenda hingga saat ini.

Masing-masing PO bus di Jawa Timur punya ciri khas masing-masing. Lalu, PO bus legendaris apa saja yang berasal dari Jawa Timur? 

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (23/6/2/22), berikut deretannya. 

1. PO AKAS

Perusahaan otobus legendaris pertama di Jawa Timur yang sampai saat ini masih beroperasi adalah PO AKAS. Singkatan dari apa AKAS ini? 

Nama AKAS kependekan dari “Ali Karman Amat Saudara”. Nama tersebut diambil dari sang pendiri, yaitu H Karman Amat. 

AKAS Group berdiri di Probolinggo pada 1956. Saat ini, PO Akas berkantor pusat di daerah Jawa Timur, tepatnya berada di Jalan S Parman No 4, Waru, Sidoarjo.

AKAS kini beranak pinak. Saat dikelola generasi selanjutnya di 1976, pengelolaan armada AKAS Group terbagi menjadi empat, yaitu PO AKAS I, PO AKAS II, PO AKAS III, PO AKAS IV. PO AKAS I dipimpin Harsono, PO AKAS II dipimpin Tingok, PO AKAS III dipimpin Ali suami dari Ibu Sunarni, dan PO AKAS IV Eddy Hariadi. Trayeknya berbeda-beda. Selain itu, ada AKAS Green. 

2. Kalisari

PO bus legendaris asal Jawa Timur lainnya adalah Kalisari. PO bus yang satu ini sudah berkiprah sejak 1960-an. Saat ini PO Kalisari dikenal dengan bus pariwisata dan antarkota jurusan Surabaya-Malang.

PO ini merupakan salah satu yang mempelopori pelayanan perjalanan darat untuk rute Magelang menuju Surabaya.

3. Solaris Jaya

Solaris Jaya merupakan PO bus pariwisata yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Bus pariwisata ini melayani transportasi wisata di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan sebagian Sumatera.

Bus pariwisata Solaris Jaya Trans juga melayani jasa antar jemput, drop bandara, trip wisata, wisata ziarah, kunjungan industri dan atau menyesuaikan kebutuhan pelanggan.

4. Harapan Jaya 

Harapan Jaya didirikan Harjaya Tjahjana pada 1972 di Tulungagung, Jawa Timur. Pada awal berdirinya hanya memiliki tiga buah bus yang digunakan untuk pengoperasian rute Tulungagung–Surabaya.

Harapan Jaya saat ini punya armada double decker. Adapun unit yang digunakan adalah Scania Double Decker K 410 IB yang memiliki kelas sleeper seat, super luxury plus seat, dan executive plus seat.

5. Mila Sejahtera

PO bus legendaris asal Jawa Timur selanjutnya adalah Mila Sejahtera. PO bus asal Probolinggo, Jawa Timur ini terkenal raja jalanan karena kecepatannya. Saking cepatnya, Mila Sejahtera memiliki slogan "berangkat terakhir sampai duluan".

6. Eka & Mira

PT Eka Mira Prima Sentosa adalah salah satu perusahaan otobus antar kota antar provinsi dan pariwisata yang berbasis di Kota Mojokerto, Jawa Timur. PO bus ini juga memiliki kantor cabang dan pool di Kabupaten Sidoarjo.

PO Eka & Mira juga terkenal dengan skill sopirnya dalam mengemudi bus. Namun saat ini Eka & Mira menerapkan limit kecepatan pada tiap armadanya.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT