Kebangkitan Sektor Ekraf Tanah Air, Festival Citra Pariwara di Bali Pacu Kreativitas Anak Muda

Vien Dimyati
Sektor ekonomi kreatif mengalami kebangkitan (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Industri kreatif di Tanah Air secara perlahan mengalami kebangkitan usai menjalani masa pandemi. Dengan bangkitnya industri kreatif di Indonesia, peluang lapangan kerja semakin luas.

Bahkan, dalam mendukung anak muda berkreasi di sektor kreatif, Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) DKI Jaya kembali menggelar festival Citra Pariwara di Bali. Festival yang diselenggarakan di Hotel Sofitel Nusa Dua, 7 - 8 Desember 2023 ini merupakan ajang penghargaan karya-karya iklan terbaik nasional.

Sejak pertama kali dilaksanakan 35 tahun lalu, kegiatan ini tidak pernah absen dan tiap tahun selalu diselenggarakan. Perlu diketahui, sub sektor periklanan merupakan bidang yang sangat penting dalam industri kreatif Tanah Air. Hal ini dikarenakan melalui iklan, masyarakat bisa mengetahui eksistensi produk dan ragam tawaran menarik dari brand.

Potensi industri periklanan juga meningkat seiring dengan jumlah total nilai belanja iklan di Indonesia pada 2022 yang mencapai sekitar Rp287 triliun, seperti yang dilansir dari Nielsen Ad Intel. Untuk itu, penting bagi pelaku industri kreatif khususnya periklanan Indonesia untuk terus memacu kreativitas dalam menjangkau potensi pasar yang ada dan memberikan dampak pada peningkatan daya beli masyarakat. 

Dalam sambutan singkatnya di Sosialisasi Citra Pariwara yang digelar secara online pada Jumat 8 September 2023, Elwin Mok selaku Ketua P3I DKI Jaya mengatakan, Citra Pariwara (CP), terus berupaya meningkatkan kualitas para pelaku industri kreatif khususnya periklanan Indonesia. Salah satu yang disoroti adalah dalam beberapa tahun terakhir, karya-karya iklan dari Indonesia, kurang bergaung di ajang festival penghargaan periklanan internasional.

"Citra Pariwara dengan kualitas juri kelas dunia, harus dimanfaatkan oleh insan-insan kreatif periklanan sebagai ajang ’adu-ilmu’, karena dengan kualitas juri yang selevel dengan festival periklanan dunia, biaya submission CP paling affordable”, tuturnya.

Adapun festival ini mengusung tema ”Ingenious & Contangious: The Rise of the Next Creative Herd”.

Editor : Vien Dimyati
Artikel Terkait
Bisnis
1 bulan lalu

Bank Mandiri Semarakkan Aksi Berkelanjutan Looping for Life di Livin’ Fest 2025

Nasional
2 bulan lalu

Pasar Senggol Turkiye 2025 Sukses Jadi Jembatan Diplomasi Budaya dan Ekonomi Kreatif RI

Bisnis
3 bulan lalu

Bank Mandiri Gelar Livin’ Fest 2025, Sinergikan UMKM dan Ekonomi Kreatif

Music
3 bulan lalu

Seru! Wamen Ekraf Irene Umar Ikut Goyang di Perayaan HUT ke-36 RCTI

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal