10 Pewaris Terkaya di Amerika, Paling Tajir Berharta Rp888 Triliun 

Suparjo Ramalan · Sabtu, 02 Juli 2022 - 22:01:00 WIB
10 Pewaris Terkaya di Amerika, Paling Tajir Berharta Rp888 Triliun 
Keluarga Walton, salah satu pewaris terkaya di Amerika.

NEW YORK, iNews.id - Orang terkaya di dunia, ada yang berasal dari usaha sendiri. Namun, sebagian mendapatkan kekayaannya dari warisan. 

Beberapa orang terkaya di Amerika, sebut saja keluarga Walton yang sudah menjadi konglomerat secara turun temurun. Putra tertua pendiri Walmart Sam Walton mewarisi kekayaan dan menjabat sebagai ketua Walmart selama 23 tahun. Dengan kekayaan senilai 57,2 miliar dolar AS, dia menjadi orang terkaya ke-15 di Amerika dan berada di peringkat kelima pewaris terkaya di sana. 

Beberapa kerabat Rob Walton juga termasuk orang terkaya di Amerika. Didirikan pada 1962 oleh Sam dan saudaranya James Walton, Walmart yang merupakan retail terbesar di negara itu, setengah sahamnya masih dimiliki anggota keluarga. 

Tujuh anggota keluarga memiliki kekayaan 10 miliar dolar AS, termasuk tiga anak Sam Walton yang masih hidup, yakni Rob, Jim, dan Alice serta dan cucunya Lukas. Sementara Christy Walton, janda mendiang putra Sam, John memiliki kekayaan sekitar 7 miliar dolar AS. 

Berikut ini 10 pewaris terkaya di Amerika menurut perkiraan Forbes, dengan daftar kekayaan per 2 Juli 2022:

1. Charles Koch 

Kekayaan bersih: 59,3 miliar dolar AS atau Rp888 triliun
Sumber kekayaan: Koch Industries

Charles Koch dan mendiang saudara laki-lakinya David mewarisi Koch Industries dari ayah mereka, Fred yang mendirikannya pada 1940 sebagai perusahaan minyak dan penyulingan. Kemudian perusahaan tersebut dikembangkan menjadi perusahaan swasta terbesar kedua di AS. Dia telah menjadi ketua dan CEO Koch Industries sejak 1967. 

2. Julia Koch

Kekayaan bersih: 59,3 miliar dolar AS atau Rp888 triliun
Sumber kekayaan: Koch Industries

Istri mendiang David Koch ini menjadi salah satu orang terkaya di dunia ketika dia meninggal pada 2019 di usia 79 tahun. Dia dan ketiga anaknya, David Jr., Mary Julia, dan John mewarisi 42 persen saham David Koch di Koch Industries. Julia Koch sempat duduk di dewan direksi Koch Industries dan berfokus pada filantropi sebagai presiden Yayasan Amal David H. Koch.

3. Jim Walton

Kekayaan bersih: 59,1 miliar dolar AS atau Rp885 triliun
Sumber kekayaan: Walmart

Putra bungsu Sam Walton ini memiliki sekitar 13 persen saham Walmart yang didirikan ayahnya pada 1962. Dia menjabat di dewan direksi Walmart selama lebih dari satu dekade sebelum menyerahkan pekerjaan itu kepada putranya, Steuart pada 2016. 

Sekarang, Sam yang berusia 74 tahun menjabat sebagai ketua Arvest Bank milik keluarga, yang disebut-sebut memiliki aset 26 miliar dolar AS.

4. Alice Walton

Kekayaan bersih: 58,2 miliar dolar AS atau Rp871,55 triliun
Sumber kekayaan: Walmart

Meskipun dia salah satu penerima manfaat terbesar dari kerajaan ritel keluarga, satu-satunya putri Sam Walton ini sebagian besar menghindari bekerja untuk bisnis keluarga. Ketika dia masih muda, Alice memegang beberapa posisi di Walmart tetapi tidak pernah memegang peran senior. 

Dia malah mendedikasikan waktunya untuk peternakan kuda dan seni, dengan membuka Crystal Bridges Museum of American Art di kampung halamannya di Bentonville, Arkansas pada 2011.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda