Bulgaria Ancam Tak Dukung Sanksi Baru Uni Eropa Terhadap Rusia, Kenapa?

Athika Rahma ยท Senin, 09 Mei 2022 - 19:32:00 WIB
Bulgaria Ancam Tak Dukung Sanksi Baru Uni Eropa Terhadap Rusia, Kenapa?
Bulgaria mengancam tak akan mendukung sanksi baru Uni Eropa terhadap Rusia jika tidak mendapatkan relaksasi atas embargo minyak. (Foto: Reuters)

Seperti diketahui, Hungaria, Slovakia dan Republik Ceko sangat tergantung pada minyak mentah Rusia. Minyak tersebut dikirim melalui jaringan pipa yang sudah dibangun sejak era Uni Soviet. Negara-negara tersebut telah meminta adanya relaksasi terkait rencana larangan impor minyak Rusia, begitu pula dengan Bulgaria.

Komisi Eropa disebutkan telah memberi kesempatan bagi Hungaria, Slovakia dan Republik Ceko untuk mengalihkan pasokan energi mereka. Namun, tidak untuk Bulgaria.

Oleh karena itu, Vassilev menegaskan bahwa negaranya juga membutuhkan relaksasi, sebab satu-satunya kilang minyak di pelabuhan Laut Hitam Burgas masih membutuhkan waktu untuk meningkatkan fasilitas desulfurisasi untuk beralih ke pemrosesan minyak mentah dari sumber selain Rusia.

Kilang tersebut ialah Nefthochim Burgas, yang dimiliki oleh perusahaan Rusia LUKOIL, di mana setengah pasokannya didapat dari Rusia.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda