Cara Cek NPWP Menggunakan NIK, Mudah Tidak Ribet

Aditya Pratama · Rabu, 27 Oktober 2021 - 06:40:00 WIB
Cara Cek NPWP Menggunakan NIK, Mudah Tidak Ribet
Cara cek NPWP menggunakan NIK, mudah tidak ribet. (Foto: ilustrasi/Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Cara cek NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak bisa menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk (KTP). Caranya mudah karena bisa dilakukan secara online di mana pun Anda berada. 

Dikutip dari pajak.go.id, NPWP merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai identitas atau tanda pengenal diri dalam melaksanakan hak dan kewajibannya di bidang perpajakan. 

NPWP diberikan kepada WP yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif sebagaimana telah diatur dalam peraturan perundang-undangan perpajakan. NPWP tidak berubah meskipun WP pindah tempat tinggal atau tempat kedudukan atau mengalami pemindahan tempat terdaftar.

Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-60/PJ/2013, setiap WP hanya diberikan satu NPWP, di mana NPWP tersebut terdiri dari 15 digit, dengan rincian 9 digit pertama merupakan kode WP, tiga digit berikutnya merupakan kode administrasi kantor WPk terdaftar, dan 3 digit terakhir merupakan kode status WP (pusat atau cabang).

Menurut jenisnya, NPWP dibedakan menjadi dua, yakni:

1. NPWP Pribadi

NPWP ini diberikan kepada setiap orang yang mempunyai penghasilan di Indonesia

2. NPWP Badan

NPWP ini diberikan kepada perusahaan atau badan usaha yang mempunyai penghasilan di Indonesia

Fungsi dan Manfaat NPWP

Selain sebagai tanda pengenal, NPWP memiliki fungsi dan manfaat lain. Berikut ini fungsi dan manfaat mempunyai NPWP:

1. Kemudahan dalam Administrasi Perpajakan

Dengan memiliki NPWP akan mendapatkan kemudahan dalam administrasi perpajakan terutama dalam pengajuan produk hukum di bidang perpajakan, seperti pengajuan pengurangan pembayaran pajak, permohonan restitusi, dan lainnya. 

Selain itu, akan mendapat pemotongan pajak yang lebih rendah. Sedangkan bagi yang tidak memiliki NPWP, pemotongan pajak atas penghasilan yang diberikan oleh pemberi kerja akan dikenakan tarif 20 persen lebih tinggi dibanding tarif yang diterapkan terhadap WP yang dapat menunjukkan NPWP.

2. Sebagai Persyaratan Administrasi

WP akan mendapatkan kemudahan dalam mengurus administrasi di berbagai instansi. Itu karena beberapa instansi saat ini mengharuskan melampirkan NPWP sebagai salah satu syarat utama atau sebagai dokumen pendukung untuk mengurus administrasi di instansi tersebut. 

Contoh beberapa dokumen yang mengharuskan untuk melampirkan NPWP dalam persyaratannya adalah dalam permohonan pengajuan kredit ke bank, pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), pembuatan rekening koran, pembuatan paspor, pembelian produk investasi, bahkan sebagai syarat untuk melamar pekerjaan di beberapa instansi atau perusahaan.

Cara Cek NPWP Menggunakan NIK

Cara mengecek NPWP menggunakan NIK secara online, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan. Namun caranya mudah dan tidak ribet. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka situs pajak

Buka situs ereg.pajak.go.id/ceknpwp

2. Masukkan NIK

Masukkan 16 digit NIK sesuai KTP pada kolom yang disediakan

3. Masukkan Nomor KK

Masukkan 16 digit nomor Kartu Keluarga (KK) pada kolom yang disediakan. Pastikan data NIK dan KK harus sesuai untuk melakukan validasi NPWP. 

4. Masukkan kode captcha

Ketik kode captcha atau kode keamanan, lalu klik 'Cari'.

5. Data NPWP terbuka

Data NPWP akan muncul, di mana nama WP akan disamarkan demi keamanan. Dalam data tersebut juga akan diketahui status NPWP Anda masih aktif atau tidak. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda