Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Ribuan Guru Madrasah Demo di Medan Merdeka Selatan, Tuntut Diangkat Jadi PPPK-ASN
Advertisement . Scroll to see content

25 Contoh Soal PPPK Penata Layanan Operasional dan Kunci Jawabannya

Rabu, 06 November 2024 - 17:39:00 WIB
25 Contoh Soal PPPK Penata Layanan Operasional dan Kunci Jawabannya
Contoh soal PPPK Penata Layanan Operasional dan kunci jawabannya penting untuk diketahui bagi Anda yang hendak mengikuti ujian seleksi kompetensi. (Foto: freepik)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Contoh soal PPPK Penata Layanan Operasional dan kunci jawabannya penting untuk diketahui bagi Anda yang hendak mengikuti ujian seleksi kompetensi.

Penata Layanan Operasional (PLO) merupakan salah satu formasi yang dibuka dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2024.

Seleksi PPPK Tahun 2024 dilaksanakan dalam dua periode dengan jadwal yang berbeda. Adapun ujian kompetensi periode pertama dijadwalkan berlangsung pada 2-19 Desember 2024. 

Pada periode ini diperuntukkan bagi pelamar prioritas, yaitu tenaga honorer kategori II dan tenaga non-ASN yang telah terdata di Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sementara itu, ujian kompetensi pada periode kedua akan dilaksanakan pada 24 Maret-8 April 2025. Pada periode ini diperuntukkan bagi pelamar yang merupakan tenaga non-ASN yang masih aktif bekerja di instansi pemerintah serta bagi lulusan PPG yang mengisi formasi Guru di instansi daerah.

Contoh Soal PPPK Penata Layanan Operasional dan Kunci Jawabannya

Berikut beberapa contoh soal PPPK untuk formasi Penata Layanan Operasional yang bisa digunakan sebagai latihan:

1. Seorang Operator Layanan Operasional perlu memastikan bahwa sistem berjalan optimal setelah pembaruan perangkat lunak besar. Apa yang harus diperiksa terlebih dahulu?

A. Kondisi jaringan
B. Ketersediaan memori
C. Kinerja CPU
D. Kompatibilitas perangkat lunak

Jawaban: D

2. Sistem mengalami downtime yang tidak terduga selama jam kerja. Apa yang seharusnya dilakukan seorang Operator Layanan Operasional guna meminimalkan dampak pada operasi?

A. Menghubungi tim teknis
B. Mengalihkan layanan ke sistem cadangan
C. Menunggu sistem kembali normal
D. Menginformasikan kepada manajemen

Jawaban: B

3. Jika anggaran operasional yang tersedia terbatas, apa yang harus dilakukan penata layanan operasional?

A. Mengabaikan keterbatasan anggaran dan tetap menjalankan semua program
B. Menunda semua kegiatan operasional hingga anggaran ditambah
C. Mengoptimalkan penggunaan anggaran agar tetap memenuhi kebutuhan operasional
D. Mengurangi standar layanan publik yang diberikan

Jawaban: C

4. Dalam menghadapi perubahan kebijakan pemerintah, apa yang harus dilakukan seorang penata layanan operasional?

A. Beradaptasi dengan cepat dan menyesuaikan operasional sesuai kebijakan baru
B. Menolak kebijakan baru jika dirasa terlalu sulit
C. Mengabaikan kebijakan tersebut dan tetap menggunakan sistem lama
D. Menunda penerapan kebijakan hingga kondisi lebih stabil

Jawaban: A

5. Bagaimana struktur organisasi perkantoran biasanya disusun?

A. Berdasarkan warna
B. Berdasarkan urutan abjad
C. Berdasarkan lokasi
D. Berdasarkan fungsionalitas

Jawaban: D

6. Apa alat bantu yang umum digunakan dalam manajemen waktu?

A. Proyektor
B. Kalender dan aplikasi manajemen waktu
C. Papan tulis
D. Mesin fotokopi

Jawaban: B

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut