Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Ribuan Guru Madrasah Demo di Medan Merdeka Selatan, Tuntut Diangkat Jadi PPPK-ASN
Advertisement . Scroll to see content

25 Contoh Soal PPPK Penata Layanan Operasional dan Kunci Jawabannya

Rabu, 06 November 2024 - 17:39:00 WIB
25 Contoh Soal PPPK Penata Layanan Operasional dan Kunci Jawabannya
Contoh soal PPPK Penata Layanan Operasional dan kunci jawabannya penting untuk diketahui bagi Anda yang hendak mengikuti ujian seleksi kompetensi. (Foto: freepik)
Advertisement . Scroll to see content

7. Sistem operasi mengalami kerusakan setelah instalasi pembaruan yang gagal. Langkah apa yang sebaiknya diambil?

A. Menginstal ulang sistem operasi
B. Menghubungi teknisi
C. Melakukan sistem restore
D. Menghapus pembaruan

Jawaban: C

8. Dalam pengelolaan layanan publik, hal apa yang paling penting bagi seorang penata layanan operasional?

A. Menetapkan standar yang tinggi tanpa mempertimbangkan kondisi lapangan
B. Memastikan layanan publik mudah diakses oleh masyarakat
C. Menyediakan layanan hanya untuk kalangan tertentu
D. Menerapkan sistem yang rumit agar layanan lebih eksklusif

Jawaban: B

9. Seorang penata layanan operasional bertanggung jawab untuk menyusun laporan operasional. Apa tujuan utama dari laporan tersebut?

A. Untuk menilai dan mengevaluasi kinerja serta memastikan keberlanjutan operasional
B. Untuk menggantikan tugas atasan dalam mengawasi staf
C. Untuk membuat keputusan tanpa melibatkan atasan
D. Untuk mengurangi beban kerja di masa mendatang

Jawaban: A

10. Dalam menghadapi perubahan kebijakan pemerintah, apa yang harus dilakukan seorang penata layanan operasional?       

A. Mengabaikan kebijakan tersebut dan tetap menggunakan sistem lama
B. Menunda penerapan kebijakan hingga kondisi lebih stabil
C. Menolak kebijakan baru jika dirasa terlalu sulit
D. Beradaptasi dengan cepat dan menyesuaikan operasional sesuai kebijakan baru

Jawaban: D

11. Apa langkah pertama dalam menyusun konsep laporan pelaksanaan tugas?

A. Meninjau laporan sebelumnya
B. Menghimpun dokumen legal
C. Menyusun format laporan
D. Menghimpun data yang relevan

Jawaban: D

12. Terjadi kericuhan saat Bimo melaksanakan tugas untuk melakukan penggusuran di sekitar sungai dekat kantor pemerintahan. Hal ini disebabkan karena banyak warga yang belum setuju dipindahkan. 
Kemudian, mengajukan permohonan memperpanjang masa waktu sebulan untuk menyiapkan dan ada bersedia untuk ditempatkan di rusun. Permohonan yang dilakukan disebut?

A. Dispensasi
B. Masa remisi
C. Banding
D. Atribusi

Jawaban: A

13. Apa yang dimaksud dengan sistem pengelolaan dokumen elektronik?

A. Sistem pencatatan keuangan
B. Sistem yang menggunakan teknologi digital untuk menyimpan dan mengelola dokumen
C. Sistem pengarsipan manual
D. Sistem pengaturan jadwal

Jawaban: B

14. Apa yang harus dilakukan penata layanan operasional saat menghadapi kondisi darurat yang mempengaruhi layanan publik? 

A. Mencari solusi sementara dan memastikan layanan publik tetap berjalan
B. Menyerahkan tanggung jawab kepada pihak lain tanpa memberikan arahan
C. Menghentikan operasional tanpa pemberitahuan kepada masyarakat
D. Menunda semua layanan hingga keadaan normal kembali

Jawaban: A

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut