Gugatan PKPU Ditolak, My Indo Airlines Siap Negosiasi Utang dengan Garuda Indonesia

Jeanny Aipassa ยท Jumat, 22 Oktober 2021 - 08:46:00 WIB
Gugatan PKPU Ditolak, My Indo Airlines Siap Negosiasi Utang dengan Garuda Indonesia
Pesawat Airbus Garuda Indonesia. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Maskapai penerbangan kargo, My Indo Airlines, siap membuka negosiasi ulang dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terkait penyelesaian utang BUMN penerbangan tersebut. 

Negosiasi itu, terkait denggan putusan Pengadilan Niaga yang menolak pengajuan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) terhadap Garuda Indonesia oleh My Indo Airlines selaku kreditur, pada Kamis (21/10/2021).

My Indo Airlines mengajukan PKPU terhadap Garuda Indonesia pada 9 Juli 2021, atas klaim kurang dari 700.539 dolar Amerika Serikat (AS) yang terkait dengan kesepakatan kargo pada 2019. Gugatan perkara ini telah terdaftar di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat sejak 9 Juli 2021 dan berakhir dengan putusan penolakan pada 21 Oktober 2021.

"Iya kami siap membuka kembali negosiasi dengan pihak Garuda Indonesia dalam penyelesaian utang," kata Kuasa Hukum My Indo Airlines, Asrul Tenriaji, Kamis (21/10/2021). 

Sebelumnya, Hakim Ketua Sidang, Heru Hanindyo, mengatakan Pengadilan Niaga menolak pengajuan PKPU My Indo Airlines terhadap Garuda Indonesia, karena pemohon tidak dapat membuktikan secara sederhana syarat-syarat pengajuan PKPU. "Oleh karena itu, permohonan PKPU ditolak," ujarnya.

Dengan ditolaknya pengajuan PKPU oleh Majelis Hakim, My Indo Airlines diwajibkan kembali membuka negosiasi dengan Garuda Indonesia dalam penyelesaian utang tersebut. 

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyambut baik putusan Pengadilan Niaga. Menurutnya, putusan tersebut mendorong manajemen untuk semakin fokus pada restrukturisasi dan operasional Garuda Indonesia. 

"Selanjutnya, Garuda akan tetap berfokus pada upaya restrukturisasi kewajiban usaha dan operasinya," ujar Irfan dalam keterangan tertulis yang diterima MNC Portal Indonesia, Kamis (21/10/2021). 

Dia memastikan, perseroan juga berupaya menjamin operasi penerbangan untuk angkutan penumpang dan kargo berjalan normal. Hubungan bisnis Garuda Indonesia dengan My Indo Airlines terjalin berdasarkan Perjanjian Kerja Sama Penyediaan Kapasitas Kargo sejak Januari 2019. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: