Jokowi Senang 7 Perusahaan Asing Pindahkan Pabrik ke Indonesia

Suparjo Ramalan · Selasa, 30 Juni 2020 - 15:35 WIB
Jokowi Senang 7 Perusahaan Asing Pindahkan Pabrik ke Indonesia

Presiden Jokowi. (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Jokowi mengaku gembira akhirnya ada perusahaan yang memindahkan pabriknya ke Indonesia. Sedikitnya tujuh perusahaan merelokasi pabrik ke Jawa Tengah.

Ketujuh investor tersebut berasal dari AS, Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan. Nilai investasinya mencapai Rp850 juta dolar AS atau sekitar Rp12 triliun.

"Saya senang hari ini sudah ada yang masuk 7, sudah pasti ini yang 7, kemudian ada 17 yang memiliki komitmen besar, sudah masuk ke 60 persen, hampir 100 persen," kata Presiden saat meninjau Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020).

Dia meminta jajaran menteri terkait, termasuk Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) agar melayani investor dengan baik. Fasilitas dari mulai perizinan hingga lahan harus disampaikan. Pasalnya, nilai komitmen investasi itu mencapai 37 miliar dolar AS.

"Yang ini akan memberikan sebuah daya saing negara kita dalam rangka mereka mau merelokasi ke Indonesia," ujarnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta menegaskan investasi sangat penting untuk menciptakan lapangan kerja. Untuk tujuh perusahaan tersebut, potensi penyerapan tenaga kerja mencapai 30.000 orang.

Dia menyebut, saat ini banyak investor dari Jepang hingga AS yang ingin merelokasi pabriknya ke Indonesia. Tujuh perusahaan itu memindahkan pabriknya dari China, Jepang, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Korea Selatan.

"Saya perintahkan langsung kepada Kepala BKPM urus dari A sampai Z selesaikan sehingga investor merasa dilayani. Ini penting sekali dilakukan," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah