Kemendag Dorong Pelaku Usaha Manfaatkan Perjanjian Dagang Jasa di ASEAN

Ferdi Rantung ยท Sabtu, 24 April 2021 - 20:18:00 WIB
Kemendag Dorong Pelaku Usaha Manfaatkan Perjanjian Dagang Jasa di ASEAN
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. (Foto: Kemendag)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan perjanjian perdagangan ASEAN Trade in Services Agreement (ATISA) dan ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS). Perjanjian ini diharapkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengapresiasi dukungan Komisi VI kepada Kemendag lewat ratifikasi dan pengawalan perjanjian perdagangan. Menurut dia, potensi perjanjian perdagangan cukup luas tak hanya barang, melainkan jasa.

Dalam ATISA dan AFAS, ada berbagai kemudahan bagi pelaku usaha untuk melakukan kegiatan perdagangan jasa lintas negara di ASEAN. Beberapa jenis jasa yang saat ini potensial di antaranya konstruksi, medis, pariwisata, transportasi dan telekomunikasi. 

Wamendag menilai, banyak bidang jasa yang menjadi keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, dia ingin Indonesia bisa masuk dalam level yang mendapat nilai paling besar dalam sektor jasa.

“Jadi bukan hanya menjadi pekerja level bawah tetapi sebagai pekerja yang lebih strategis dan memegang posisi kunci. Tentu harus juga menjadi pelaku atau pengusaha langsung," katanya, Sabtu (24/4/2021).

Sejak awal menjabat, Wamendag mendorong pelaku usaha, khususnya anak muda untuk menggarap ekspor produk digital dan berteknologi tinggi. Di antaranya game online dan animasi yang potensinya besar, baik untuk pasar domestik maupun global.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda