Kisah Remaja 17 Tahun Korban Bullying Sukses Bisnis Fashion Beromzet Rp14 Miliar

Aditya Pratama ยท Minggu, 19 September 2021 - 07:00:00 WIB
Kisah Remaja 17 Tahun Korban Bullying Sukses Bisnis Fashion Beromzet Rp14 Miliar
Sukone Hong, remaja 17 tahun korban bullying yang sukses bisnis fashion. Foto: Paradox Computers

SEOUL, iNews.id - Sukone Hong berhasil membangun dua bisnis dan menjadi CEO meski usianya baru 17 tahun. Bisnis remaja Korea Selatan ini bergerak di bidang fashion dan jam tangan pintar atau smartwatch braille untuk tunanetra.  

Bisnis fashion-nya telah mengantongi penjualan lebih dari 1 juta dolar AS atau Rp14,2 miliar tahun ini. Sementara bisnis smartwatch braille mencatat pesanan mencapai ribuan unit. 

Sebelum memutuskan menjadi wirausaha, Hong mengalami masa-masa sulit. Dia merupakan korban bullying teman-temannya. 

"Saya seperti di-bully. Saya harus menemukan sesuatu yang dapat mengubah hidup saya," katanya, dikutip dari CNBC, Minggu (19/9/2021). 

Hong pun memulai bisnisnya empat tahun lalu, ketika masih duduk di kelas 2 SMP. Kala itu, dia harus berjuang menyesuaikan diri dengan teman-teman sekelasnya dengan mencari kegiatan lain, dan memutuskan menjual pakaian bermerek lewat mesin pencari Korea Selatan, Naver.  

Namun uang yang dimilikinya sebesar 150 dolar AS tidak cukup untuk menjalankan bisnis, sehingga harus mengubah strategi. Dia akhirnya meminjam uang kakek dan neneknya sebesar 5.000 dolar AS dan melibatkan bisnis percetakan.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: