Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Viral Menu MBG Pangsit Goreng di Depok, Ini Respons BGN
Advertisement . Scroll to see content

Kisah Sukses Reza Nurhilman, Dirikan Keripik Maicih dengan Modal Rp15 Juta

Senin, 21 Februari 2022 - 14:01:00 WIB
Kisah Sukses Reza Nurhilman, Dirikan Keripik Maicih dengan Modal Rp15 Juta
Kisah sukses Reza Nurhilman tidak terlepas dari Keripik Maicih. Keripik yang memiliki beragam level kepedasan ini cukup terkenal di pasaran. (foto: Instagram @axl29)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Kisah sukses Reza Nurhilman tidak terlepas dari Keripik Maicih. Keripik yang memiliki beragam level kepedasan ini cukup terkenal di pasaran.

Pria kelahiran 29 September 1987 ini merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Sejak kecil orang tua Reza sudah bercerai dan Reza diasuh oleh orang tua angkatnya. Setelah lulus SMA, dia memilih untuk membuka usaha dibanding melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Segala jenis usaha dia coba, hingga akhirnya dia memilih bisnis camilan setelah tidak sengaja bertemu dengan nenek penjual keripik pedas di Cimahi. Dengan modal Rp15 juta, dia meluncurkan Maicih pada tahun 2010. 

Awalnya, keripik Maicih hanya memproduksi 50 bungkus per harinya. Untuk memasarkan produknya, Reza menggunakan media sosial Twitter dan Facebook.

Kisah sukses Reza Nurhilman dimulai, di mana strategi yang dia jalankan berhasil dan keripik Maicih mulai dikenal di kalangan anak muda dengan aneka level kepedasannya, meski saat itu makanan dengan level pedas belum begitu marak di pasaran.

Selain itu, cara mempromosikan dagangan yang dilakukan Reza pada saat itu bisa disebut visioner dan tidak seperti pemasaran konvensional yang dilakukan pesaingnya. 

Untuk memastikan seluruh produknya terjual, Reza melakukan penjualan dengan sistem pop-up, yaitu tiba-tiba muncul di suatu tempat untuk menjajakan dagangan dengan mobilnya.

Dengan memilih nama Maicih untuk produknya, Reza berhasil menumbuhkan personal branding untuk merek keripik pedas buatannya. Kejeliannya dalam memilih model pemasaran serta pemanfaatan media sosial juga menjadi upaya yang revolusioner dan patut ditiru oleh setiap pelaku usaha.

Reza juga sebisa mungkin melakukan apa pun yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnisnya. Dia juga berprinsip untuk berbisnis secara totalitas tanpa perlu berpikir secara fokus pada untung atau rugi yang didapat. 

Prinsip inilah yang membuatnya terbiasa untuk berpikir secara kreatif, sehingga dapat memunculkan model pemasaran yang tak hanya menarik. Selain itu, dengan menjalankan bisnis Maicih mengantarkannya sebagai tokoh muda yang sukses bahkan dapat dijadikan sebagai inspirasi oleh pelaku usaha lainnya.

Kejelian serta kreativitasnya dalam berbisnis membuat merek Maicih memiliki brand awareness yang kuat di tengah kompetitifnya bisnis keripik pedas yang mulai menjamur. Kisah sukses Reza Nurhilman ini tentu sangat relevan bagi para pelaku UMKM lainnya, khususnya bagi mereka yang memutuskan untuk berbisnis pada bidang usaha yang memiliki banyak kompetitor.

Editor: Aditya Pratama

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut