Penjualan E-Commerce Naik saat Harbolnas, Transaksi Produk Lokal Capai Rp8,5 Triliun
Hengky menyebut, pada sisi metode pembayaran pun juga mengalami peningkatan. Seperti isi saldo atau top up naik 36 persen. Adapun perawatan pribadi tak mau ketinggalan, naik 40 persen, dan kebutuhan sehari-hari naik 30 persen.
"Produk-produk kosmetik itu ternyata juga cukup besar animonya, terutama berjualan secara online baik itu di market place maupun di media sosial secara langsung," kata dia.
Kemudian, Hengky menyebut bahwa waktu belanja sangat menentukan larisnya penjualan. Artinya, para pelaku usaha harus bisa cermat dalam memposting atau melakukan live streaming pada jam-jam krusial. Adapun jam-jam krusial yang dimaksud Hengky yakni pada jam 09.00 hingga 18.00.
Berdasarkan hasil survei yang dia terima, pelanggan yang paling banyak melakukan belanja online adamah pelanggan berusia 15-24 tahun, sebanyak 36 persen, disusul oleh kelompok yang berusia 25-34 tahun sebanyak 34 persen. Kemudian, 35-44 tahun porsinya 19 persen, dan sisanya di atas 45 tahun.
"Jadi, kalau kita mau terjun ke dunia usaha, maka kita harus melihat target pasar kita," tuturnya.