Putin Pernah Diduga sebagai Orang Terkaya Dunia, Punya Belasan Rumah hingga Puluhan Pesawat

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 26 November 2022 - 22:11:00 WIB
Putin Pernah Diduga sebagai Orang Terkaya Dunia, Punya Belasan Rumah hingga Puluhan Pesawat
Putin pernah diduga sebagai orang terkaya dunia, punya belasan rumah hingga puluhan pesawat.

MOSKOW, iNews.id - Pemodal Bill Browder pada 2017 lalu meyakini Presiden Rusia Vladimir Putin adalah orang terkaya di dunia. Dia memperkirakan Putin memiliki kekayaan sebesar 200 miliar dolar AS atau jika dikonversi dengan kurs saat ini sekitar Rp3.138,7 triliun. 

Sementara pada 2015, juru bicara Forbes mengatakan, Putin tidak ada dalam daftar Forbes sebagai orang terkaya di dunia. 

"Karena kami belum dapat memverifikasi kepemilikan aset senilai 1 miliar dolar atau lebih," katanya dikutip dari The Federal, Sabtu (26/11/2022). 

Secara resmi, Putin digaji sebesar 140.000 dolar AS atau sekitar Rp2,2 miliar per tahun. Putin mengungkapkan secara terbuka aset apartemen seluas 800 kaki persegi, sebuah trailer, dan tiga mobil. Dia tinggal di apartemen seluas 1.600 kaki persegi di Moskow, menurut Fortune

Kendati demikian, gaya hidupnya menceritakan kisah yang berbeda. Putin, yang telah menjadi Presiden Rusia sejak 2012, sering terlihat memakai jam tangan mewah. 

Dia dikabarkan memiliki rumah mewah seluas 190.000 kaki persegi senilai 1,4 miliar dolar AS di atas tebing yang menghadap ke Laut Hitam, 19 rumah, 700 mobil, 58 pesawat dan helikopter termasuk sebuah pesawat senilai 716 juta dolar AS yang disebut The Flying Kremlin yang memiliki toilet dari emas. 

Selain itu, dia disebut memiliki kapal pesiar seharga 100 juta dolar AS. Menurut beberapa laporan, kapal pesiar tersebut dirancang oleh pembuat kapal selam nuklir dari angkatan laut Rusia. 

Laporan Fortune menyebutkan, Putin mengenakan jam tangan KPatek Philippe’s Perpetual Calendar senilai 60.000 dolar AS dan diduga memiliki A. Lange & Sohne Toubograph senilai 500.000 dolar AS, serta jam mewah lainnya.

Video rumah besar yang menghadap Laut Hitam, yang disebut Istana Putin viral pada Januari 2021 lalu. Namun, Putin membantah rumah itu miliknya. 

"Tidak ada yang terdaftar di sana sebagai properti milik saya atau kerabat dekat saya," ujarnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda