Sosok Chuck Feeney, Miliarder yang Sumbangkan Seluruh Kekayaannya untuk Amal

Viola Triamanda ยท Selasa, 23 Agustus 2022 - 20:25:00 WIB
Sosok Chuck Feeney, Miliarder yang Sumbangkan Seluruh Kekayaannya untuk Amal
Selain dikenal sebagai miliarder, Chuck Feeney dikenal juga sebagai pendiri Atlantic Philanthropies, salah satu organisasi kemanusiaan terbesar di dunia. (Foto: YouTube TheRichest)

Organisasi ini juga dikenal sebagai salah satu pemberi amal terbesar di beberapa negara yakni Bermuda, Australia, Republik Irlandia, Irlandia Utara, Vietnam, dan AS.

Chuck Feeney sangat mengoptimalkan kekayaannya untuk amal, bahkan dia memberikan 99 persen kekayaannya untuk amal hingga dia hanya memiliki hampir 2 miliar dolar AS kekayaan pribadinya. 

Tercatat, pada tahun 1984 dia memberikan hampir 39 persen dari kekayaannya yang diperkirakan sekitar 800 juta dolar AS kepada Atlantic Foundation dan Atlantic Trust. Dia juga memberikan hadiah kepada almamaternya Cornell University. 

Dia menjalankan kehidupan sederhana yang jauh dari kata mewah. Dia bahkan tidak memiliki mobil.
 
Berkat jejak filantropisnya itu, Chuck Feeney memperoleh beberapa penghargaan. Dia diakui atas upaya filantropisnya dan kontribusinya yang luar biasa pada bidang perawatan kesehatan, pendidikan, dan sains pada tahun 2012 dengan gelar doktor kehormatan Hukum, Penghargaan Layanan Terhormat Presiden untuk Orang Irlandia di Luar Negeri, dan Penghargaan UCSF. Pada tahun 2011 Chuck Feeney juga dilantik di Hall of Fame Irlandia-Amerika.

Dia juga menjadi inspirasi bagi Warren Buffett dan Bill Gates dan beberapa miliarder lainnya yang berjanji untuk menyumbangkan semua kekayaan mereka.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda